PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI DARUL HUDA PURWODADI KRAS KEDIRI

NUR FADILLAH, 2817133132 (2018) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI DARUL HUDA PURWODADI KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Huda Purwodadi Kras Kediri” ini ditulis oleh Nur Fadillah, NIM. 2817133132, dibimbing oleh Hj. Luluk „Atirotu Zahroh, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Metode Role Playing, Hasil Belajar Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik kelas IV di MI Darul Huda Purwodadi Kras yang merasa bosan karena materi aqidah akhlak yang banyak sehingga memiliki hasil belajar aqidah akhlak yang kurang memuaskan. Keadaan tersebut mengindikasikan bahwa peserta didik belum sepenuhnya memahami tentang banyaknya materi aqidah dan akhlak menurut ajaran islam. Penting bagi guru untuk mengetahui perubahan nilai bahkan perilaku pada peserta didik agar kualitas pembelajaran aqidah akhlak dapat selalu ditingkatkan sehingga peserta didik juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkahlangkah metode role playing di MI Darul Huda Purwodadi Kras Kediri. 2) Bagaimana hasil belajar melalui penerapan metode role playing pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Huda Purwodadi Kras Kediri. 3) Apa saja kendala dalam penerapan metode role playing pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Darul Huda Purwodadi Kras Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode role playing, hasil belajar melalui penerapan metode role playing, serta kendala dalam penerapan metode role playing pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Darul Huda Kras Kediri. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Durul Huda Kras Kediri. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menjawab tiga fokus masalah, yakni: (1) Langkahlangkah penerapan metode role playing yaitu penyampaian materi aqidah akhlak dalam hal ini pengenalan metode role playing, membentuk kelompok, membagi peran, mempelajari naskah dan berlatih untuk setiap kelompok, menata panggung, pelaksanaan role playing, berdiskusi, dan evaluasi hasil role play. (2) Penerapan metode role playing berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak. Nilai rata-rata peserta didik di kelas IV MI Darul Huda Kras Kediri meningkat setelah menerapkan metode role play dalam pembelajarannya. Tak hanya berupa nilai saja namun perubahan sikap, tingkah laku peserta didik menjadi lebih baik. (3) kendala yang ditemui adalah lamanya waktu yang diperlukan dalam satu pembelajaran menggunakan metode role playing. Selain itu, pembagian kelompok role playing harus heterogen dan rata agar semua peserta didik dapat menunjukkan kemampuannya secara maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133132 NUR FADILLAH
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:45
Last Modified: 27 Nov 2018 04:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9860

Actions (login required)

View Item View Item