IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF UDANAWU BLITAR

DESY INDAH MIASARI, 1721143106 (2018) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

BSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Desy Indah Miasari, NIM. 1721143106. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. NIP. 19751211 200212 2 001 Kata kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Prestasi Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perkembangan kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan bagian dari pengembangan diri di sekolah menjadi suatu hal yang sangat penting. Selain banyak sekolah yang dikenal masyarakat karena prestasi dibidang akademis, tidak sedikit pula sekolah yang menjadi pilihan masyarakat karena memiliki prestasi dibidang nonakademis, yang diantaranya melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar merupakan madrasah unggulan yang berbasis pondok pesantren. Siswa-siswi disini banyak sekali meraih prestasi dalam bidang ekstrakurikuler keagamaan dan menjadi juara baik ditingkat kabupaten maupun provinsi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penyusunan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar? (2) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar? (3) Bagaimana dampak kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrument untuk melakukan observasi peran serta, wawancara mendalam dengan sumber data utama/informan dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan uji kredibilitas data, pengujian transferability, pengujian dependability, pengujian konfirmability. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Penyusunan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar dilakukan melalui pembentukan tim work dan penyusunan struktur organisasi yang bertugas merancang program ekstrakurikuler yang kreatif serta inovatif dan melaksanakan kegiatan dengan memadukan antara konsep pendidikan Islam dan umum, pembentukan program semester, dan pembentukan program prioritas; 2) Proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi: Perekrutan atau penyeleksian peserta, pembinaan, dan aksi kegiatan. Dalam tahap perekrutan atau penyeleksian peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar dilakukan dengan cara tes dan non tes. Tahap pembinaan kegiatan ekstrakurikuler xiv keagamaan di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar merupakan tahap pendalaman dan penguasaan materi oleh pembina ekstrakurikuler keagamaan masing-masing. Setelah diarahkan dan dibina oleh pembina ekstrakurikuler masing-masing, maka tahap yang terakhir adalah tahap aksi kegiatan atau penampilan peserta ekstrakurikuler tersebut yang dilakukan secara kerja tim ataupun individual. 3) Dampak kegiatan ekstrakurikuler keagamaan membuka jalan pencapaian prestasi non akademik siswa dibuktikan dengan masing-masing peserta ekstrakurikuler keagamaan mengkuti even atau perlombaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143106 DESY INDAH MIASARI
Date Deposited: 22 Nov 2018 06:22
Last Modified: 22 Nov 2018 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9841

Actions (login required)

View Item View Item