PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPENUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

INTAN APRILIANI, 1725143130 (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPENUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Intan Apriliani, NIM.1725143130, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Cooperative, Motivasi, HasilBelajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat tumbuhdan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah ada pengaruh model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar Fikih peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?, (2) Adakah ada pengaruh model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?, (3) Adakah ada pengaruh model Cooperative Learning Type Numbered Heads Togetherterhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik keals III MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning Type Numbered Heads Togetherterhadap motivasi belajar Fikih peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning Type Numbered Heads Togetherterhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. (3) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together terhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling).Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Blitar, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas IIIA dan III-B MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik xvii analisis data yang digunakan adalah Uji t dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t angket motivasi diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,001< 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model cooperative learning type numbered heads together terhadap motivasi belajar Fikih peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (2) Hasil uji t post test diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,000< 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan cooperative learning type numbered heads together terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Wahid Hayim Bakung udanawu Blitar, (3) Hasil uji Anova 2 jalur angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,000< 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model cooperative learning type numbered heads together terhadap motivasi dan hasil belajar Fikih peserta didik kelas III MI Wahid Hasyim Bakung udanawu Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143130 INTAN APRILIANI
Date Deposited: 10 Dec 2018 03:36
Last Modified: 10 Dec 2018 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9821

Actions (login required)

View Item View Item