Akhadiyah Al ‘ifah, Erly Wahyu (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Segitiga pada Siswa Kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB II baru.docx Download (92kB) |
|
Text
BAB III RVC.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB IRvc.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB IVR.docx Download (93kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR pustaka.docx Download (20kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kooperatif Make A Match, Hasil Belajar. Berdasarkan hasil tanya jawab seputar masalah siswa dengan guru yang telah lama mengajar matematika di SMP Islam Gandusari Trenggalek, siswa kelas VII-D mempunyai masalah pemahaman yang kurang dalam belajar matematika sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapankan guru. Hal ini membuat saya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek?, 2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar materi segitiga pada siswa kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar materi segitiga pada siswa kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek, 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar materi segitiga pada siswa kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan untuk mengetahui peningkatan pada waktu sebelum tindakan dan sesudah tindakan dilakukan dan teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diujicobakan pada sesi review dengan sintak guru memberikan kartu soal kepada setiap kelompok kemudian siswa mencari kartu pasanganya (kartu jawaban) dari soal yang ada di kartu soal yang diterimanya dengan batas waktu tertentu dengan menyertakan penyelesaiannya. Siswa yang mendapatkan nilai tertinggi mendapatkan reward. Berdasarkan hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 56,26 menjadi 74,93 (siklus I) dan 81,60 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar materi segitiga pada siswa kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 03:59 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/981 |
Actions (login required)
View Item |