STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG

NOR HESTIYANINGSIH, 1725143216 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Heuristik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Nor Hestiyaningsih, NIM 1725143216, pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Heuristik, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru merupakan sosok panutan siswa dan guru memiliki tugas untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran yang tepat harus dipilih oleh guru sesuai dengan materi yang diajarkan agar pembelajaran semakin diminati oleh siswa. Seperti strategi pembelajaran heuristik yang relevan dengan kurikulum saat ini yaitu kurikulum 2013. Strategi heuristik merupakan strategi yang menjadikan heuriskein (saya menemukan) sebagai acuan, artinya strategi ini menuntut siswa untuk lebih berpikir aktif dalam memecahkan masalah. Tujuan diterapkannya strategi pembelajaran heuristik ini adalah supaya tercipta pembelajaran yang aktif, saling interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, dan dapat memberikan pembelajaran yang bermakna. Diharapkan dengan diterapkannya strategi pembelajaran heuristik dapat memotivasi belajar siswa dengan baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran heuristik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran heuristik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (3) Bagaimana hasil pelaksanaan strategi pembelajaran heuristik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (4) Bagaimana evaluasi pelaksanaan strategi pembelajaran heuristik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya termasuk grounded theory lokasi penelitiannya di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan yang perlu dipersiapkan untuk strategi pembelajaran heuristik yaitu silabus, prota, promes dan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). Guru harus memahami RPP pembelajaran quranhadits yang pelaksanaannya berbasis strategi pembelajaran heuristik. (2) Pada pelaksanaannya sesuai dengan langkah-langkah strategi heuristik yaitu: a) orientasi, pada langkah ini guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyinggung materi waqaf dan washal, b) merumuskan masalah, membagikadan membaca kartu ayat serta guru mulai memberikan pertanyaan c) merumuskan hipotesis, menggali pengetahuan pada pertanyaan yang diajukan oleh guru, d) mengumpulkan data, siswa mulai memberanikan diri untuk menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru, e. menguji hipotesis menentukan apakah jawaban tersebut tepat atau kurang tepat, f. merumuskan kesimpulan, setelah seluruh pertanyaan terjawab, guru menyimpulkan jawabanjawaban yang tepat pada pertanyaan yang telah diberikan. (3) Hasil pelaksanaan strategi pembelajaran heuristik yaitu mampu meningkatkan antusias dan perhatian siswa. Artinya strategi pembelajaran heuristik ini mampu meningkatkan motivasi siswa jika saja lebih lama diterapkan. Kendala yang dialami yaitu: a) Sulitnya mengontrol dan mengkondisikan siswa di awal pembelajaran. b) Terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar yang sebelumnya berpusat pada guru. c) Mengimplementasikannya tidak bisa instant, artinya membutuhkan waktu. d) Hanya siswa yang aktif saja yang mampu mengikuti strategi pembelajaran heuristik, yang pasif terlihat bingung apa yang harus dilakukan. (4) Evaluasi disini merupakan tindakan lanjut dari tahapan yang sudah dilakukan: a) Tahap perencanaan, peneliti telah menyusun RPP dengan materi waqaf dan washal yang sesuai dengan arti dari pembelajaran heuristik. Untuk mendukung pembelajaran heuristik peneliti juga membuat media pembelajaran yang disesuaikan dengan meteri pembelajaran. b) Tahap pelaksanaan, pelaksanaan strategi pembelajaran heuristik di kelas 5A sudah sesuai dengan kaidah dan prosedur pembelajaran. Guru bertindak sepenuhnya sebagai fasilitator pembelajaran dengan memberikan ruang bagi siswa untuk bereksplorasi menemukan pemahaman sementara, sebelum pada akhirnya guru melakukan koreksi terhadap proses bekerja siswa yang masih belum mengarah pada pemahaman yang benar, atau memberi penguatan terhadap siswa yang sudah mampu dan tepat menemukan pemahaman. c) Tahap hasil, hipotesis awal yaitu dengan strategi heuristik motivasi belajar siswa akan meningkat. Sekilas hasil pembelajaran memang terlihat biasa dan tidak ada perbedaan dengan metode pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan. Akan tetapi menurut peneliti melalui observasi yang cermat pada saat pelaksanaan pembelajaran, strategi heuiristik dapat meningkatkan perhatian dan antusias siswa terhadap materi, meskipun tidak menyeluruh

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 1725143216 NOR HESTIYANINGSIH
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:59
Last Modified: 15 Nov 2018 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9807

Actions (login required)

View Item View Item