Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bangun Datar Kelas VII MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018

ANGGA SETYAWAN, 1724143027 (2018) Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bangun Datar Kelas VII MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (859kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bangun Datar Kelas VII MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018” ditulis oleh Angga Setyawan, NIM 1724143027, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis, Gender, Menyelesaikan Masalah Bangun datar Penelitian ini dilatarbelakangi dari tujuan pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik. Setiap peserta didik laki-laki maupun perempuan tentunya memiliki kemampuan penalaran dan komunikasi matematis yang berbeda-beda. Sejalan dengan hal tersebut, kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dapat diketahui dengan cara peserta didik menyelesaikan masalah matematika. Penyajian masalah dalam matematika ini tentunya akan memacu kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik. Masalah yang digunakan berupa soal matematika non rutin yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika bangun datar kelas VII MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik laki-laki dalam menyelesaikan masalah matematika bangun datar kelas VII MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung. Subyek dalam penelitian ini adalah 4 orang peserta didik yang terdiri dari 2 orang peserta didik perempuan dan 2 orang peserta didik laki-laki. Metode pengambilan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pengambilan data dengan tes dilakukan dengan memberikan soal uraian sebanyak 2 soal yang selanjutnya hasil tes tersebut akan dianalisis bersama hasil dari observasi untuk menentukan peserta didik yang akan dijadikan sebagai subyek wawancara. Hasil penelitian kemampuan penalaran dan komunikasi (1) Peserta didik perempuan mampu menduga dan mengemukakan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan lancar, mampu membuat proses rekayasa matematika seperti mengubah satuan dan pencoretan untuk mempermudah proses perhitungan, menuliskan cara-cara untuk menjawab soal dengan runtut dan jelas, mampu menyimpulkan berdasarkan hasil akhir yang diperoleh, memeriksa kembali jawaban dan mendeteksi tidak ada kesalahan dalam jawabannya, menyelesaikan masalah didasarkan pada rumus umum yang berlaku atau deduktif (2) Peserta didik laki-laki mampu menduga rumus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tetapi kurang lancar, mampu membuat proses rekayasa matematika seperti mengubah satuan dan pencoretan untuk mempermudah proses perhitungan, menuliskan cara-cara untuk menjawab soal dengan benar tetapi kurang runtut, memeriksa kembali jawaban dan mampu mendeteksi ada kesalahan sekaligus membenarkannya, menyelesaikan masalah didasarkan pada rumus umum yang berlaku atau deduktif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143027 Angga Setyawan
Date Deposited: 13 Nov 2018 03:49
Last Modified: 13 Nov 2018 03:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9803

Actions (login required)

View Item View Item