MANAJEMEN OPERASIONAL DAN DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM PENGEMBANGAN PERUSAHAAN PADA CV. MAJU JAYA DI BLITAR

LUSIANA DYAH ANGGRAINI, 1742143153 (2018) MANAJEMEN OPERASIONAL DAN DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM PENGEMBANGAN PERUSAHAAN PADA CV. MAJU JAYA DI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Operasional dan Diversifikasi Produk dalam Pengembangan Perusahaan pada CV. Maju Jaya” ini ditulis oleh Lusiana Dyah Anggraini, NIM. 1742143153, pembimbing Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.M., M.S.I Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis dalam mengatur manajemen operasional, sehingga dibutuhkan upaya mencari dan mengembangkan produk baru dengan adanya diversifikasi produk dari CV. Maju Jaya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen operasional yang diterapkan oleh CV. Maju Jaya untuk mengembangkan perusahaaan, (2) Bagaimana diversifikasi produk dalam pengembangan perusahaan pada CV. Maju Jaya berjalan efektif dan efisien, (3) Bagaimana manajemen operasional dan diversifikasi produk dalam pengembangan perusahaan CV. Maju Jaya ditinjau dari perspektif ekonomi syariah. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data ini diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mununjukkan bahwa (1) Manajemen operasional yang diterapkan oleh CV. Maju Jaya dalam mengembangkan perusahaan dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk sebaik mungkin yang meliputi peranan kebijakan desain, kebijakan mengenai proses transformasi, dan keputusan atau kebijakan perbaikan terus-menerus dari sistem operasi, (2) CV. Maju Jaya telah menerapkan penganekaragaman produk (diversifikasi produk) dengan jalan menciptakan produk baru yaitu pakan itik, penetasan DOD (Day Old Duck), dan telur asin. Diversifikasi produk dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai akibat dilaksanakanya pengembangan produk, (3) CV. Maju Jaya menggunakan metode syariah juga dilihat dari cara transaksi keuangan, cara bayar pakan yaitu dengan metode cash artinya semua peternak jatah pakan harus sesuai dengan hasil telur yang disetorkan ke gudang. Tidak bisa meminta pakan yang melebihi batas. Dibagian penetasan juga begitu semua, peternak sebelum mengambil DOD (Day Old Duck) juga harus membayar cash terlebih dahulu, bagi peternak yang belum bisa membayar maka DOD (Day Old Duck) bisa dilempar ke yang lain. Semua ini dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk menghindari pemberian bunga pada peternak. Kata Kunci: Manajemen Operasional, Diversifikasi Produk, dan Pengembangan Perusahaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143153 LUSIANA DYAH ANGGRAINI
Date Deposited: 12 Nov 2018 08:46
Last Modified: 12 Nov 2018 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9801

Actions (login required)

View Item View Item