IMPLEMENTASI TEORI HUMANISTIK DENGAN PEDEKATAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (Study Multi Kasus di SMK NU Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung)

MAKSUM, 3211113119 (2018) IMPLEMENTASI TEORI HUMANISTIK DENGAN PEDEKATAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (Study Multi Kasus di SMK NU Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Teori Humanistik dengan Pedekatan Active Learningdalam Pembelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi siswa (Study Multi Kasus di SMK NU Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung)” ini ditulis oleh Maksum dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. danProf. Dr. H. Mujamil, M.Ag. Kata Kunci: Humanistik, Active Learning, Pembelajaran PAI, Prestasi siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa dalammempelajari pendidikan agama Islam (PAI), tujuan pembelajaran PAI yangdiinginkan belum tercapai secara maksimal, teori humanistik dengan pendekatan active learning masih jarangdigunakan dalam pembelajaran PAI dan guru kurang membekali kemampuandalam merencanakan dan melaksanakan teori humanistik dengan pendekatan active learning. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaiamana pengalaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam denganteori humanistik dengan pendekatan active learning untuk meningkatkan prestasisiswa di SMK NU Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung; (2) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan teori humanistik dengan pendekatan active learning untuk meningkatkan prestasi siswa di SMK NU Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung; (3) Bagaimana hasilpembelajaran PendidikanAgamaIslam dalam mengimplementasikan teori humanistik dengan pendekatan active learning untuk meningkatkan prestasisiswa di SMK NU Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan rancangan studi multi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisiapan,wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Model analisis data meliputi analisis masing-masing kasus dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori humanistik dengan pendekatanactive learning yang diterapkandi SMK NU Tulungagung dan SMK Sore Tulungagungdapat penulis simpulkan bahwa: (1) Pengalaman pembelajaran dengan mengimplementasikan Teori humanistik dengan pendekatan active learningdi SMK NU Tulungagung dan SMK Sore Tulungagung diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan isi/materi pelajaran serta guru dan siswa. (2) langkah-langkah pembelajaran dapat dikembangkan ke dalam 8 tahap sebagai berikut: orientasi, pembentukan kelompok, penugasan kerja kelompok, eksplorasi, presentasi materi dalam kelas, pengecekan pemahaman dan pendalaman materi, refleksi dan umpan balik, dan evaluasi formatif. (3). Hasil pembelajaran dengan mengimplementasikan teori humanistik dengan pendekatan active learningdalam proses pembelajaran PAI dapat mengembangkan ranah potensi peserta didik secara seimbang (kognitif,afektif, dan psikomotor). karena dalam pembelajaran sudah ada interaksi komunikatif antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa lainnya

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113119 MAKSUM
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:32
Last Modified: 12 Nov 2018 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9800

Actions (login required)

View Item View Item