Amilluloh, Ichmal Vandalu. 1724143109, 2018, “Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Bedasarkan Gaya Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Trigonometri Kelas X MAN 2 Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Pemahaman konseptual, Prosedural, Visual, Audiotorial, Kinestetik.

ICHMAL VANDALU AMILLULOH, 1724143109 (2018) Amilluloh, Ichmal Vandalu. 1724143109, 2018, “Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Bedasarkan Gaya Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Trigonometri Kelas X MAN 2 Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Pemahaman konseptual, Prosedural, Visual, Audiotorial, Kinestetik. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (780kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (193kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman baik secara konsep maupun prosedur. Pemahaman konseptual merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengemukakan kembali ilmu yang diperolehnya baik dalam bentuk ucapan maupun dalam bentuk tulisan kepada orang lain sehingga orang lain benar-benar mengerti apa yang disampaikan. Sedangkan pemahaman prosedural adalah pengetahuan tentang urutan kaidah-kaidah, prosedur-prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Tetapi faktanya kemampuan siswa dalam memahami materi trigonometri secara konseptual dan prosedural masih rendah, tidak sedikit yang hanya mampu memahami secara konseptual saja maupun secara prosedural saja. Seringkali gaya belajar di gunakan sebagai ukuran untuk seberapa jauh individu menguasai materi yang sudah di ajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konseptual menurut Taksonomi Bloom dan pemahaman prosedural baku siswa bedasarkan gaya belajar visual, audiotorial dan kinestetik. Dari penjelasan di atas peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman konseptual dan prosedural siswa bedasarkan gaya belajar pada materi Trigonometri kelas X MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2018-2019. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan rincian 2 gaya belajar visual, 2 gaya belajar audiotorial, 2 gaya belajar kinestetik. Tahap selanjutnya adalah analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual sudah mampu memenuhi beberapa aspek pemahaman konseptual yaitu aspek translasi dan interpretasi. Secara prosedural sudah mampu mengaitkan berbagai konsep matematika dan mengetahui prosedur secara umum. Untuk gaya belajar audiotorial hanya mampu memenuhi 1 aspek pemahaman konseptual yaitu pemahaman Interpretasi. Secara prosedural cukup mampu mengaitkan berbagai konsep dan cukup mengetahui prosedur secara umum. Sedangkan untuk gaya belajar kinestetik kedua subjek mempunyai aspek pemahaman konseptual yang berbeda. Aspek yang memenuhi antara lain Translasi-Ekstrapolasi dan Interpretasi dan Ekstrapolasi. Secara prosedural sudah mampu mengaitkan berbagai konsep dengan baik dan mengetahui prosedur secara benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 1724143109 Ichmal Vandalu Amilluloh
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:54
Last Modified: 12 Nov 2018 06:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9798

Actions (login required)

View Item View Item