STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ANGGOTA DI BMT PERMATA MOJOKERTO

AGUNG SAPUTRA, 1741143007 (2018) STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ANGGOTA DI BMT PERMATA MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Anggota di BMT Permata Mojokerto”, ini ditulis oleh Agung Saputra dibimbing oleh Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan yang ketat, BMT yang lain harus berupaya mengantisipasi perubahan yang terjadi, baik perubahan kebutuhan dan kepentingan anggota, juga perubahan yang terjadi pada lingkungan. BMT Permata Mojokerto harus selalu memantau dan mempertahankan hal-hal yang menjadi kebutuhan, kepentingan dan keinginan anggota. Hal itu merupakan salah satu faktor yang menentukan kepuasan anggota. Beberapa hal yang penting yang belum dapat tercapai adalah penghimpunan dana. Tetapi selain adanya kondisi ekonomi yang tidak stabil faktor lain yang sangat penting untuk diwaspadai adalah faktor strategi bauran pemasaran dan kepuasan anggota, sehingga anggota melakukan keputusan pembelian pembiayaan. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana pelaksanaan marketing mix dalam meningkatkan keputusan pembelian anggota di BMT Permata Mojokerto? 2) Bagaimana kendala marketing mix dalam meningkatkan keputusan pembelian anggota di BMT Permata Mojokerto? 3) Bagaimana solusi dalam menghadapi kendala marketing mix dalam meningkatkan keputusan pembelian anggota di BMT Permata Mojokerto? Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini Baitul Maal Wattamwil (BMT) Permata Mojokerto. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitiannya adalah (1) Pelaksanaan Marketing Mix dalam meningkatkan Keputusan Pembelian Anggota di BMT Permata Mojokerto dilakukan melalui: 1) Product, yaitu: a) Pelayanan Prima, pelayanan di BMT Permata Mojokerto yang baik di lihat dari kemasan produknya, b) Sumber daya manusia, karyawan mempunyai kemampuan untuk menjelaskan tentang produk di BMT Permata agar calon angggota cepat mengerti dan memahami produk. c) Nama baik BMT, menjadi jaminan bagi calon anggota untuk membeli produk yang ada, sosialisasi produk-produk BMT kepada masyarakat mendapat tanggapan yang baik, kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh BMT dalam rangka sosialisasi sangat disukai oleh masyarakat. 2) Price yaitu: a) Jemput bola dengan cara marketing mendatangi anggota ke rumah-rumah atau tempat usaha. b) Pemerataan yang baik serta fasilitas yang baik bagi anggota, aktivitas penjualan produk karyawan tidak pilih-pilih lokasi untuk menawarkan produknya, serta sarana dan prasarana yang lengkap sehingga aman bagi anggota. 3) Place, simpanan anggota yang di kelola berdasarkan prinsip syariah yang memungkinkan anggota dapat melakukan transaksi penyimpanan atau penarikan setiap saat. 4) Promotion yaitu: a) Promosi penjualan (sales promotion), promosi penjualan dilakukan dengan penyiaran lewat radio, penjualan pribadi oleh customer service serta penyebaran brosur. b) Pemberian cindera mata, cindera mata diberikan kepada anggota yang telah membeli produk, cindera mata diberikan pihak memberikan hadiah seperti kalender, gelas ataupun bolpoin dan buku. (2) Kendala marketing mix dalam meningkatkan keputusan pembelian anggota yaitu: 1) Tempat kurang strategi karena terletak di jalan sedikit jauh dari pemukiman yang bersebelahan dengan SMP tempatnya di wilayah kota, tetapi jauh dari pemukiman. 2) Sumberdaya Insani anggota sebagian lulusan bukan dari ekonomi syariah dan anggota yang menabung kurang mengenal BMT syariah, 3) Persaingan antara BMT dengan koperasi konvensional dalam menjual produk. (3) Solusi dalam Menghadapi Kendala marketing mix dalam meningkatkan Keputusan Pembelian Anggota di BMT Permata Mojokerto yaitu: a) Untuk tempat BMT sudah membuka beberapa kantor kas di beberapa titik kota dilakukan guna memperluas target, b) Untuk sumberdaya insaninya BMT melakukan marketing mlai dr brosur, sosialisasi dan kegiatan RAT (rapat anggota tahunan) guna memperkenalkan BMT Syariah agar lebih memahami lembga syariah, c) Untuk mengatasi persaingan BMT menerapkan bagi hasil yang rendah resiko seperti nisbah dan memberikan mitra yang prima dalam produk-produknya dalam ikatan bisnis. Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Keputusan Pembelian

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143007 AGUNG SAPUTRA
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:01
Last Modified: 09 Nov 2018 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9779

Actions (login required)

View Item View Item