IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X DI MA NEGERI 3 TULUNGAGUNG

DIAN WAHYU PRATAMA, 1721143115 (2018) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X DI MA NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Ahklak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Dian Wahyu Pratama. NIM. 1721143115, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Penelitian ini dengan konteks penelitian dimana kualitas pembelajaran bergantung pada kemampuan guru, terutama dalam memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning merupakan salah satu strategi belajar yang diharapkan mampu mengefektifkan proses pembelajaran. Contextual Teaching and Learning menekankan bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan hanya transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Melalui Contextual Teaching and Learning pembelajaran diharapkan dapat lebih bermakna bagi siswa. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut pada diri siswa perlu adanya nilai-nilai ajaran Islam yang diajarkan secara mudah serta adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak merasa jenuh dan mampu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana Model Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung?. 2) Bagaimana Implementasi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung?. 3) Bagaimana Dampak Implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Model Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui Implementasi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui Dampak Implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yang dijadikan obyek adalah MA Negeri 3 Tulungagung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga macam metode yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi untuk pengecekan keabsahan data. Untuk analisa data digunakan analisis deskriptif dalam upaya untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Model Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung sudah berjalan dengan lancar, sudah sesuai yang ditargetkan oleh guru, walaupun harus ada sedikit penyempurnaan. Sebagian guru sudah memahami konsep pembelajaran CTL dan bisa menerapkannya di dalam kelas. 2) Implementasi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran AqidahAkhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung sudah berjalan dengan lancar, sudah sesuai dengan apa yang diharapkan dengan strategi yang gunakan dalam menyampaikan ilmu sudah banyak membawa perubahan terhadap mutu peserta didiknya atau siswa. 3) Dampak Implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Negeri 3 Tulungagung memiliki dampak yang cukup baik dan dapat dilihat dari perubahan dalam pembentukan moral dan akhlak siswa serta dapat kerja sama, saling menunjang satu sama lain, belajar dengan bergairah, pembelajaran terintegrasi, siswa aktif, sharing dengan teman, siswa kritis guru kreatif dimana hal tersebut bisa menghidupkan suasana kelas. Kata Kunci: Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Aqidah Akhlak

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143115 DIAN WAHYU PRATAMA
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:22
Last Modified: 16 Nov 2018 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9765

Actions (login required)

View Item View Item