PROSES BERPIKIR SISWA PERAIH OLIMPIADE MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

NAELA NUR AZIZAH, 1724143178 (2018) PROSES BERPIKIR SISWA PERAIH OLIMPIADE MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (568kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Naela Nur Azizah, 1724143178, 2018. Proses Berpikir Siswa Peraih Olimpiade Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di MTsN 1 Tulungagung. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Peraih Olimpiade. Masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah adanya tahap pemecahan masalah yang tidak terpenuhi oleh beberapa siswa olimpiade matematika. Berdasarkan observasi di lapangan ditemukan bahwa ada beberapa siswa olimpiade yang tidak mampu menjelaskan tahap dalam memperoleh jawaban soal olimpiade matematika yang dikerjakan. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak memahami betul konsep-konsep matematika yang sudah dipelajari. Dalam hal ini pemahaman konsep matematika berkaitan erat dengan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki siswa olimpiade matematika karena pada dasarnya olimpiade matematika merupakan ajang kompetisi matematika yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dalam penguasaan ilmu di bidang matematika. Berkenaan dengan penjelasan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendesrkripsikan proses berpikir siswa peraih olimpiade matematika dalam pemecahan masalah matematika di MTsN 1 Tulungagung Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara sistematis dan akurat sesuai situasi atau area populasi tertentu yang bersifat faktual. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa peraih olimpiade matematika di MTsN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes, wawancara dan dokumentasi. Tes yang diberikan adalah dua soal olimpiade materi himpunan. Teknik wawancara digunakan untuk mendalami tahap pemecahan masalah matematika pada subjek. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, pemaparan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan jenis proses berpikir 3 siswa peraih olimpiade dalam pemecahan masalah matematika. Proses berpikir siswa peraih olimpiade matematika subjek-1 dalam pemecahan masalah matematika cenderung mengarah ke proses berpikir semikonseptual. Proses berpikir siswa peraih olimpiade matematika subjek-2 dalam pemecahan masalah matematika cenderung mengarah ke proses berpikir konseptual. Proses berpikir siswa peraih olimpiade matematika subjek-3 dalam pemecahan masalah matematika cenderung mengarah ke proses berpikir konseptual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143178 NAELA NUR AZIZAH
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:21
Last Modified: 05 Nov 2018 02:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9761

Actions (login required)

View Item View Item