PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS XI DI MA MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

MUHAMMAD HASYIM MUZADI, 1721143280 (2018) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS XI DI MA MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas XI di MA Ma'arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Hasyim Muzadi (1721143280) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd, NIP. 19810801 200912 1 004. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam khususnya dalam mata pelajaran fiqih. Dalam lembaga pendidikan, guru merupakan komponen yang penting, dimana ia sebagai pelaku, pelaksana dan ujung tombak dalam proses pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan pendidikan, dalam proses pembelajaran membutuhkan pengembangan sumber daya manusia (pendidik), khususnya pengembangan kompetensi guru, ini merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. Tujuan dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MA Ma'arif Bakung Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MA Ma'arif Bakung Udanawu Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MA Ma'arif Bakung Udanawu Blitar. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Metode peneletian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif korelasi. Dengan variabel bebasnya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI dan variabel terikatnya adalah hasil belajar fiqih. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI berjumlah 555 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data: uji validitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan bantuan SPSS for windows 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MA Ma'arif Bakung Udanawu Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa Thitung 2,559 > Ttabel 1,989, α =0.05 sig =0.012. (2) Adanya pengaruh yang negatif dan signifikan antara kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MA Ma'arif Bakung Udanawu Blitar yang ditunjukkan Thitung2,681 > Ttabel 1,989, α =0.05 sig =0.009. (3) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MA Ma'arif Bakung Udanawu Blitar yang ditunjukkan Fhitung 3,924 > Ftabel 3,11, α =0.05 sig =0.024 dan pengaruhnya sebesar 8,7%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143280 MUHAMMAD HASYIM MUZADI
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:16
Last Modified: 05 Nov 2018 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9760

Actions (login required)

View Item View Item