Hubungan Pemahaman Sudut Dan Garis Dengan Penyelesaian Soal Segiempat Pada Siswa Kelas VII UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011

Umayah, Dewi (2011) Hubungan Pemahaman Sudut Dan Garis Dengan Penyelesaian Soal Segiempat Pada Siswa Kelas VII UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
abstrak.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II baru.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB III baru.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Pemahaman, Penyelesaian Soal Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pemberian pemahaman materi yang ada kaitannya dengan materi berikutnya kepada siswa. Pemahaman diberikan kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat menyelesaiakan soal/masalah dengan mudah dan seorang guru dapat mengetahui kemampuan siswa sampai dimana setelah diberikan pemahaman tersebut. Untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan maka guru memberikan suatu masalah atau soal-soal kepada siswa untuk diselesaikan. Dari pemberian soal tersebut guru dapat dengan mudah melihat tingkat penguasaan materi pada siswa, seorang peneliti ingin melihat seberapa besar hubunganya pemahaman dengan penyelesaian soal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) apakah ada hubungan pemahaman sudut dan garis dengan penyelesaian soal segiempat pada siswa kelas VII UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011? (2) seberapa besar hubungan pemahaman sudut dan garis dengan penyelesaian soal segiempat pada siswa kelas VII UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011? Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII UPTD SMPN 2 Sumbergempol yang terdiri dari tujuh kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Dari populasi diambil satu kelas sebagai sampel yatu kelas VII C. Teknik pengumpilan data menggunakan metode tes, metode interview, metode observasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui korelasi pemahaman siswa tentang sudut dan garis dengan penyelesaian soal segi empat pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah.Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Prosedur penelitian dalam skripsi ini dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menggunakan rumus product moment. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa korelasi antara pemahaman materi dengan penyelesaian soal siswa kelas VII C SMPN 2 Sumbergempol dengan korelasi sebesar 0,941 dan koefisien determinan r2= 0,8854 atau sebesar 88,54%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 03:45
Last Modified: 04 Feb 2015 03:45
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item