STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM Di SMKN 2 BLITAR

NANDA YUSSIE LAILATUL LATIVAH, 1721143298 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM Di SMKN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nanda Yussie Lailatul Lativah, NIM: 1721143298. 2018. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Muslim di SMKN 2 Blitar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.Dibimbing oleh Dr. H. Muwahid Shulhan. M.Ag Kata Kunci: Strategi guru PAI, dan Pembentukan Kepribadian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pada lingkungan pendidikan yang dihadapkan kepada tantangan zaman yang lebih berat dan modernisasi. Yaitu suatu orientasi dimana pendidikan harus mengarah pada pengusa ilmu-ilmu pengetahuan dan tekonologi. Dengan adanya modernisasi membawa kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, disisi lain membawa pula dampak negative yang mengarah pada perusakan sendi-sendi moral. Dalam hal ini guru pendidikan agama sangat diperlukan dalam membentuk kepribadian siswa yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan nilai-nilai keagamaan. Oleh karena itu seorang guru agama harus mempunyai cara-cara terbaik atau mempunyai strategi yang baik untuk meningkatkan ketrampilan beragama maupun kepribadian muslim dalam diri seorang peserta didik. Tujuannya agar pengetahuan agama dan kesadaran peserta didik dalam beragama dapat meningkat, karena remaja yang memiliki kepribadian yang baik akan menjadi asset generasi penerus yang berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan agamanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1) bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian muslim hal akidah di SMKN 2 Blitar? (2) bagaimanan strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian muslim hal ibadah di SMKN 2 Blitar? (3) bagaiamana strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian muslim hal akhlak di SMKN 2 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian muslim di SMKN 2 Blitar. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di SMK Negeri 2 Blitar, sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data ptimer dan sekunder, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitiannya adalah; (1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian muslim hal akidah adalah: strategi pembelajaran kontekstual, yaitu melalui penanaman nilai-nilai keagamaan hal akidah seperti: berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran , adanya kegiatan tadarus al-Qur’an setiap pagi, berdoa dan istighosah bersama di musholla serta kegiatan hafalan surat-surat pendek. (2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk xiv kepribadian muslim hal ibadah adalah stratgi pembelajaran kontestual, yaitu melalui penanaman nilai-nilai keagamaan ibadah seperti: sholat dhuhur berjamaah, tadarus al-Qur’an, selain itu kegiatan tahunan seperti kegiatan zakat. (3) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian muslim hal akhlak adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspository. Yaitu melalui penanaman nilai-nilai keagamaan hal akhlak meliputi pemberian motivasi terhadap siswa, memperingati PHBI yang diadakan dengan perlombaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143298 NANDA YUSSIE LAILATUL LATIVAH
Date Deposited: 31 Oct 2018 08:54
Last Modified: 31 Oct 2018 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item