PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 NGANTRU

FIKI CAHYANING ASTUTI, 1724143097 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (772kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 2 Ngantru” ini ditulis oleh Fiki Cahyaning Astuti dibimbing oleh Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : CTL, Hasil Belajar Hasil belajar aspek kognitif siswa yang tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvesional yang tidak mengajak siswa untuk berpatisipasi secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang inovasi dan efektif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa di SMP Negeri 2 Ngantru. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa, 2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngantru yang berjumlah 133 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol). Metode pengumpulan data dengan observasi , tes dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan Uji-t Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa yang ditunjukkan dengan nilai > atau 2.509 > 2.013 dan Sig. (2-tailed) = 0.016 < 0.05, 2) besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa adalah sebesar 0.77374784 dan didalam tabel interpretasi cohen’s adalah 76%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143097 FIKI CAHYANING ASTUTI
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:53
Last Modified: 31 Oct 2018 03:53
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9746

Actions (login required)

View Item View Item