HUBUNGAN KECERDASAN NUMERIK DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

BINTI FAIKHOTU ZAININA, 1724143054 (2018) HUBUNGAN KECERDASAN NUMERIK DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (709kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Binti Faikhotu Zainina, 1724143054, “Hubungan Kecerdasan Numerik dan Penalaran Matematis Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Dr. Dewi Asmarani, M,Pd. Kata Kunci : Kecerdasan Numerik, Penalaran Matematis, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut bisa dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa. Salah satu faktor dalam diri siswa adalah faktor intellegence. Dari berbagai macam kecerdasan, peneliti mengangkat kecerdasan numerik yang akan diteliti. Kecerdasan ini meliputi kemampuan berhitung siswa dalam memahami ide dan konsep yang dinyatakan dalam angka. Selain itu, ada juga faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, yaitu kemampuan penalaran matematis yang dimiliki siswa. Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan siswa dalam menarik suatu kesimpulan berdasarkan hal-hal yang sudah diketahui dan telah dikerjakan melewati proses penyelesaian masalah. Kedua faktor ini dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Sehingga peneliti ingin melihat hubungan antara kecerdasan numerik dan penalaran matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol. Hubungan yang dimaksud adalah hubungan sebab akibat yaitu pengaruh antara kecerdasan numerik dan penalaran matematis siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan numerik dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018; 2) Untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018; dan 3) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan numerik dan penalaran matematis siwa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol yang terdiri dari delapan kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling dengan sampel pada kelas VIII G. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan analisi regresi baik regresi sederhana dan regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan numerik dengan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Binti 1724143054 Binti Faikhotu Zainina
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:48
Last Modified: 25 Oct 2018 07:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9715

Actions (login required)

View Item View Item