STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN ADVERSITY PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTsN I BLITAR

MUCHLISIN, 172I143261 (2018) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN ADVERSITY PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTsN I BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kecerdasan Adversity Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Muchlisin, NIM: 1721143261. Pendidikan Agama Islam (PAI), Tahun 2018 dibimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag Kata kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Kecerdasan Adversity, Kegiatan Keagamaan. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan peneliti karena banyak guru akidah akhlak yang tidak memiliki strategi yang baik dalam mengajar. Sehingga dari hal tersebut memunculkan fenomena banyak peserta didik yang nakal, sering ramai di dalam kelas, tidak memperhatikan penjelasan guru, sering berbicara ketika pelajaran dan berpindah ke tempat duduk temannya, sering mencontek pekerjaan teman dan mendapatkan nilai yang kurang baik akibat kurang memperhatikan ketika pelajaran berlangsung. Dengan kata lain bahwa, kecerdasan adversity peserta didik tersebut masih rendah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian mengenai strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan adversity peserta didik melalui kegiatan keagamaan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan adversity peserta didik melalui kegiatan salat Dhuha di MTsN 1 Blitar. 2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan adversity peserta didik melalui kegiatan membaca Al-Quran di MTsN 1 Blitar. 3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan adversity peserta didik melalui kegiatan salat Dhuhur berjamaah di MTsN 1 Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTsN 1 Blitar. Data didapatkan dari guru, pembimbing kegiatan keagamaan, karyawan, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan adversity peserta didik melalui kegiatan salat Dhuha adalah: Salat dhuha dilakukan dengan beberapa strategi yaitu, Pertama, i’tikaf. Kedua, dzikir. Ketiga, pembiasaan. 2) strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan adversity peserta didik melalui kegiatan membaca al-Quran adalah: Membaca al-Quran dilakukan dengan beberapa strategi yaitu, Pertama, pengarahan. Kedua, pengawasan. Ketiga, nasehat 3) strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan adversity peserta didik melalui kegiatan salat Dhuhur adalah: Salat dhuhur dilakukan dengan beberapa strategi yaitu, Pertama, ceramah. Kedua, pembiasaan, Ketiga, dzikir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 172I143261 MUCHLISIN
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:04
Last Modified: 24 Oct 2018 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9699

Actions (login required)

View Item View Item