MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN (Studi Multikasus MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan, Kabupaten Blitar dan SMP Terpadu al-Anwar Baruharjo, Kabupaten Trenggalek)

MUHAMAD NAWAWI, 1751154025 (2017) MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN (Studi Multikasus MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan, Kabupaten Blitar dan SMP Terpadu al-Anwar Baruharjo, Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (336kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren (Studi Multi Kasus MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan, Kabupaten Blitar dan SMP Terpadu al-Anwar Baruharjo, Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Muhamad Nawawi, dengan dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Pembelajaran, Sinkronisasi, Pondok Pesantren Modern Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perubahan dinamika kehidupan masyarakat yang begitu pesat, perubahan zaman yang membawa kepada degradasi moral generasi bangsa, dan kecanggihan teknologi informatika tanpa filter yang menuntut pelajar terus mengembangakan pengetahuannya dan keimannya. Maka dari itu, kurikulum dan pembelajaran merupakan hal yang paling mendesak untuk segera dikelola dan dikembangkan, dengan berbasis pesantren, agar mudah dalam membentuk lingkungan belajar dan penanaman karakter yang islami. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum dan pembelajaran di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan, Kab. Blitar dan SMP Terpadu al-Anwar Baruharjo, Kab. Trenggalek? (2) Bagaimana sinkronisasi kurikulum dan pembelajaran di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan, Kab. Blitar dan SMP Terpadu al-Anwar Baruharjo, Kab. Trenggalek? (3) Bagaimana pelaksanaan dari integrasi kurikulum dan pembelajaran di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan, Kab. Blitar dan SMP Terpadu al-Anwar Baruharjo, Kab. Trenggalek? (4) Bagaimana evaluasi dari integrasi kurikulum dan pembelajaran di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan, Kab. Blitar dan SMP Terpadu al-Anwar Baruharjo, Kab. Trenggalek? Tesis ini bermanfaat bagi peneliti, secara teoritis; memperkaya teori tentang manajemen kurikulum dan pembelajaran. Secara praktis; meningkatkan wawasan pengetahuan mengenai manajemen kurikulum dan pembelajaran pada lembaga pendidikan berbasispesantren. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kurikulum dan pembelajaran berlandaskan filosofis; nilai-nilai falsafah pancasila, sosiologis; kebutuhan masyarakat akan pendidikan, psikologis; pembentukan manusia melalui lingkungan. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, dan berisi 4 kompetensi inti / 5 kelompok mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri (2) Sinkronisasi kurikulum dan pembelajaran merupakan dua sub sistem pendidikan yang berbeda, namun saling terkait dan melengkapi satu sama lainnya. Didukung mata pelajaran yang dikembangkan dan dipadukan dengan madrasah diniyah dengan asrama dan kelas yang homogen. (3) Pelaksanaan kurikulum dna pembelajaran dimualai dari pembuatan RPP yang disesuaikan dengan dokumen kurikulum, kemudian dilaksanakan dengan tiga tahapan, pembukaan, materi inti, dan penutup. (4) evaluasi kurikulum dan pembelajaran bertujuan untuk perbaikan dan mengukur ketercapaian kurikulum dan pembelajaran, yang dilakukan oleh Guru, Siswa, Kepala Sekolah, Sekolah, Pemerintah dan Instansi lain yang tidak terikat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1751154025 MUHAMAD NAWAWI
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:30
Last Modified: 19 Oct 2018 02:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9688

Actions (login required)

View Item View Item