PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS III DI MIN 1 TULUNGAGUNG

NUR LAILI MIFTAHUR ROCHMAH, 1725143225 (2018) PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS III DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Index Card Match Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas III di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Laili Miftahur Rochmah, NIM. 1725143225, pembimbing oleh Dra.Hj.Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D Kata Kunci : Index card match, Keaktifan, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pelajaran aqidah akhlak di MI, dimana siswa kurang menguasai dan memahami bahkan nilainya memprihatinkan pada pelajaran aqidah akhlak. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan strategi Index card match. Penggunaan strategi Index card match ini dalam proses pembelajaran dapat membantu memunculkan keaktifan siswa dalam belajar aqidah akhlak dan hasil belajar dapat meningkat. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh strategi index card match terhadap keaktifan belajar aqidah akhlak siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung. (2) Adakah pengaruh strategi index card match terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung. (3) Adakah pengaruh strategi index card match terhadap keaktifan dan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas III di MIN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah eksperimen semu. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 36 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan strategi index card match. Sampel yang kedua berjumlah 24 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Teknik analisis data menggunakan Uji Manova. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan dari strategi index card match terhadap keaktifan siswa kelas III MIN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan pada analisis skor hasil observasi keaktifan siswa dengan menggunakan uji Manova yaitu diperoleh hasil kelompok eksperimen (M=64.75, SD=1.481) dan kelompok kontrol [M=58.37, SD=1.096) 2) Ada pengaruh yang signifikan dari strategi index card match terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas III MIN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan pada analisis skor uji manova diperoleh perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen (M=79.72, SD=15.581) dan kelompok kontrol [M=59.58, SD=11.971) 3) Ada pengaruh yang signifikan dari strategi index card match terhadap keaktifan dan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas III MIN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan pada analisis skor uji Manova bahwa pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai uji keaktifan dan hasil belajar memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143225 NUR LAILI MIFTAHUR ROCHMAH
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:44
Last Modified: 30 Oct 2018 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item