POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LAILATUL MUZAYYANAH, 1721143199 (2018) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pola Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Lailatul Muzayyanah, NIM. 1721143199, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Komunikasi Guru, Pemahaman Keagamaan Siswa Peningkatkan pemahaman keagamaan pada masa remaja awal merupakan suatu hal yang sangat penting karena di tangan merekalah kemajuan bangsa ini. Karakter siswa di MTs Darul Falah sangat bermacam-macam ada yang baik dan ada yang kurang baik. Guru memberikan teladan yang baik dalam mengarahkan pemahan keagamaan siswa di sekolah. Pemahaman dan perubahan perilaku siswa dipengaruhi oleh adanya komunikasi, baik dengan guru, teman sejawat, orang tua, masyarakat, maupun dengan dirinya sendiri. Atas dasar itulah, guru menggunakan bermacam-macam komunikasi seperti komunikasi aksi, interaksi, dan transaksi dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan komunikasi aksi guru dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan komunikasi interaksi guru dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan komunikasi transaksi guru dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu:(1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu: (1) pengujian kredibilitas, (2) pengujian transferability (3) pengujian dependability (4) Pengujian konfirmability. Hasil Penelitian: (1) Komunikasi aksi guru dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung melalui komunikasi langsung dan penggunaan media komunikasi. Komunikasi langsung meliputi: pemberian penjelasan kepada siswa dalam bentuk ceramah, pidato, kultum. Komunikasi berbasis media yang digunakan meliputi: penggunaan mikrofon, website, dan penempelan slogan slogan. (2) Komunikasi interaksi guru dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung melalui jalur two way symetrical dan two way asymmetrical. Dalam mengambil keputusan, jalur two way symmetrical, guru masih mengajak siswa untuk mengeluarkan pendapat dan memutuskan masalah secara bersama-sama. Sedangkan jalur two way asymmetrical, keputusan ada pada guru. (3) Komunikasi transaksi guru dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung melalui komunikasi multi arah. Komunikasi ini tidak hanya terjadi antara guru dengan siswa, tetapi siswa dengan siswa, guru dengan wali murid, guru dengan kepala sekolah, guru dengan masyarakat. Artinya, komunikasi multi arah mempertimbangkan komunikasi dari yang lain, informasi dari pihak lain ditampung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143199 LAILATUL MUZAYYANAH
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:00
Last Modified: 05 Oct 2018 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item View Item