KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MUTAWASITHOH AL-JAMIATUL ISLAMIAH PATANI (SELATAN THAILAND)

WAEHAMA DOKA, 2811133310 (2018) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MUTAWASITHOH AL-JAMIATUL ISLAMIAH PATANI (SELATAN THAILAND). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (305kB)

Abstract

xvi ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Waehama Doka, NIM. 2811133310, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Belajar Peserta Didik Di Mutawasithoh AlJamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand)”, yang di bimbing oleh Dr. H. Abd.Aziz, M.Pd.I., NIP. 19720601 200003 1 002 Kata Kunci : Mengelolaan kelas, Memotivasi peserta didik dan Mengevaluasi pembelajaran Konteks penelitian dari skripsi ini adalah Setiap sekolah pendidikan agama Islam di Patani (Selatan Thailand) menggunakan berbagai metode pembelajaran yang berbeda dengan sekolah-sekolah yang lain, untuk itu setiap sekolah harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran yang terkaitan dengan mengelolaan kelas, memotivasi pelajar dan mengevaluasi yang ditetapkan oleh guru, sehingga dapat bermanfaat jika dipergunakan untuk mencapai tujuan Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam yang diajarkan pada anak harus sesuai dengan kemampuan peserta didik yang ada pada mereka. Metode yang baik akan membawa peserta didik pada pemahaman materi yang diberikan, sehingga seorang guru yang menggunakan metode bervariasi akan membuat peserta didik tidak akan jenuh dalam menerima pelajaran. Tanpa metode, suatu materi pelajaran tidak akan dapat berproses secara efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Metode pendidikan yang tidak tepat guna akan menjadi penghalang kelancaran jalannya proses belajar mengajar sehingga banyak tenaga dan waktu yang terbuang sia-sia. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi tiga hal yaitu: 1) Bagaimana guru pendidikan Agama Islam mengelolaan kelas di Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand)? 2) Bagaimana guru pendidikan Agama Islam memotivasi peserta didik di Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand)? 3) Bagaimana guru pendidikan Agama Islam mengevaluasi pembelajaran peserta didik di Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand)?. Penelitian Skripsi ini bertujuan 1) Untuk mengetahui guru pendidikan Agama Islam mengelolaan peserta didik di Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand), 2) Untuk mengetahui guru pendidikan Agama Islam memotivasi peserta didik di Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand), 3) Untuk mengetahui guru pendidikan Agama Islam mengevaluasi pembelajaran peserta didik di Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand). xvii Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan bajikan atau masukan dalam rangka penyempurna Peran guru pendidikan agama Islam dalam mewujudkan budaya religius di sekolah Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand). pada tahun berikutnya yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengelolaan kelas, memotivasi pelajar dan mengevaluasi oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand). Dalam pengambilan data, wawancara dilakukan kepada lima guru yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu sedangkan observasi dilakukan di satu kelas untuk mengamati proses belajar mengajar. Secara keseluruhan proses mengelolaan kelas, memotivasi pelajar dan mengevaluasi oleh guru dalam mengajar berjalan dengan cukup baik. Selain itu baik guru juga menerapkan aspek-aspek yang berkaitan dengan mengelolaan kelas, memotivasi pelajar dan mengevaluasi seperti movement (proximity, aprociacy, movement, awareness), mantaining discipline (before and after problem), giving feedback (written, oral, positif and negative), dan seating arrangemen. Sementara. Hal ini disebabkan oleh perlakuan guru yang baik pula terhadap pelajar sehingga pelajar menjadi tenang dan rileks dalam belajar. Selain itu pelajar juga menjadi lebih percaya diri dan termotivasi untuk aktif di kelas karena dorongan dan pujian dari guru. Hal ini membuat interaksi antara guru dan pelajar di kelas menjadi terbangun dan lebih hidup. Hasil analisis penelitian kualitatif menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan mengelolaan kelas, memotivasi pelajar dan mengevaluasi telah berjalan dengan baik, terbukti dalam mengelolaan kelas, memotivasi pelajar dan mengevaluasi menggunakan metode yang tepat, dalam artian kegiatan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dalam meningkatkan proses belajar dan mengajar disini sangat diutamakan, adapun dalam keberhasilan dalam menggunakan metode pembelajaran tersebut adalah adanya kerja sama yang baik antara para guru dan peserta didik di Mutawasithoh Al-Jamiatul Islamiah Patani (Selatan Thailand).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133310 WAEHAMA DOKA
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:30
Last Modified: 04 Oct 2018 06:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9596

Actions (login required)

View Item View Item