UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH QUR’AN NURUL FALAH TRENGGALEK

ACHMAD NAHROWI, 1721143009 (2018) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH QUR’AN NURUL FALAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Kreatifitas Siswa Pada Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Qur’an Nurul Falah Trenggalek”, ini ditulis oleh Achmad Nahrowi, NIM. 1721143009. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H.Masduki, M.Ag, NIP. 196207081998031001. Kata Kunci: upaya guru akidah akhlak, pengembangan kreatifitas siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah pengembangan ilmu pengetahuan pesat telah membawa perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Sehingga guru dalam pengajarannya harus dapat mengembangkan kreatifitas siswa yang merupakan bagian dari kehidupan peserta didik seperti dalam menggunakan metode, media,dan sumber pembelajaran sebagai jalan untuk memberi atau menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya. Semakin guru kreatif dalam mengembangkan metode, media dan sumber dalam pembelajaran, maka akan lebih baik pula daya serap siswa terhadap materi pelajaran, sehingga dapat mengembangkan kreatifitas siswa dalam proses belajar mengajar di MTs Qur’an Nurul Falah Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menggunakan metode pembelajaran untuk pengembangan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran di MTs Qur’an Nurul Falah Trenggalek? (2) Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menggunakan media pembelajaran untuk pengembangan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran di MTs Qur’an Nurul Falah Trenggalek? (3) Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menggunakan sumber pembelajaran untuk pengembangan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran di MTs Qur’an Nurul Falah Trenggalek? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTs Qur’an Nurul Falah Trenggalek. Kehadiran peneliti sangat di perlukan karena merupakan instrument utama. Sumberdata terdiri dari orang, tempat, dan kertas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data secara nyata dan menguatkan. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi yang terkait dengan upaya guru akidah akhlak dalam pengembangan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Qur’an Nurul Falah Trenggalek. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, triangulasi, dan pemerikasaan teman sejawat. Dan tahap-tahap penelitiannya yaitu, pra lapangan, kegiatan lapangan dan analisis data. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Untuk Pengembangan Kreatifitas Siswa Pada Proses Pembelajaran di MTs Qur’an Nurul Falah Trenggalek adalah dengan menerapkan variasi metode dalam mengajar antara lain: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode resitasi, metode kisah dan metode drill. dengan menggunakan kombinasi beberapa metode, pembelajaran akan lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi Sehingga meningkatkan kualitas suatu pembelajaran. 2) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Untuk Pengembangan Kreatifitas Siswa Pada Proses Pembelajaran di mts Qur’an Nurul Falah Trenggalek adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang variatif antara lain media visual berupa gambar yang sesuai dengan materi, peta konsep yang ditulis di papan tulis dan lain sebagainya dan media audiovisual berupa video, dan film sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa. media pembelajaran juga dapat meningkatkan ketertarikan dan minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas suatu pembelajaran. 3) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menggunakan Sumber Pembelajaran Untuk Pengembangan Kreatifitas Siswa Pada Proses Pembelajaran di mts Qur’an Nurul Falah Trenggalek adalah dengan menggunakan sumber bervariasi. Sumber belajar didalam sekolah meliputi LKS, buku paket, buku perpustakaan dan juga Al-Qur’an dan sumber belajar yang diluar sekolah meliputi mushola dan alam sekitar. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami materi secara baik dan jelas, serta menambah wawasan ilmu mereka sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas suatu pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143009 ACHMAD NAHROWI
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:20
Last Modified: 02 Oct 2018 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item View Item