KETRAMPILAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN [Studi Kasus di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung]

SAMSUL ARIFIN, 1721143363 (2018) KETRAMPILAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN [Studi Kasus di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung]. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keterampilan guru mata pelajaran pendidikan agama islam dalam penggunaan media pembelajaran [Studi Kasus di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung]” ini ditulis oleh Samsul Arifin, NIM. 1721143363, pembimbing Drs. H. Ali Rohmad, M. Ag. Kata Kunci : Ketrampilan guru mata pelajaran pendidikan agama islam, penggunaan media pembelajaran. Fokus penelitian: (1) Bagaimana Keterampilan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan penggunaan media pembelajaran di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung ?. (2) Bagaimana Keterampilan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam merealisasikan penggunaan media pembelajaran di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung ?. (3) Bagaimana Keterampilan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengevaluasi penggunaan media pembelajaran di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung ?. Metode Penelitian : pendekatan kualitatif dengan paradigma fenomenologi; rancangan studi kasus; penulis bertindak sebagai pengumpul data dan sekaligus sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data-data di lapangan dengan menarapkan metode observasi-partisipan, dokumentasi, dan wawancara-mendalam; penulis hadir di lokasi penelitian sejak hari Jum’at 12 Desember 2017; sumber data : informan, peristiwa, dokumen; data : Ringkasan Data; prosedur analisis data : reduksi data, penyajian data, verifikasi; pengecekan keabsahan data : perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, triangulasi (sumber, metode, waktu), pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian : 1. Keterampilan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan penggunaan media pembelajaran di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung : a. Penyusunan RPP mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. b. Konsultasi kepada Kepala SMP Islam Al fattahiyyah tentang rencana penggunaan media pembelajaran, yaitu disajikan dengan gambaran secara umum tentang keefektifan penggunaan media pembelajaran pada proses belajar mengajar di kelas. c. Memilih media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pemilihan media dilakukan setelah memperoleh persetujuan dari kepala sekolah untuk dapat menggunakan media yang tersedia sekaligus pertimbangan didalam kesesuaiannya dengan materi dan tingkat pemahaman siswa. d. menyusun media pembelajaran agar dapat terlihat menarik dan mampu mewakili apa yang di jelaskan guru saat nanti di kelas. 2. Keterampilan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan penggunaan media pembelajaran di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung : a. Pendahuluan MateriPelajaran, yaitu dengan mempersiapkan siswa dalam menerima penjelasan dari guru dengan cara membaca sejenak materi yang akan di ajarkan. b. Penyajian media pembelajaran inti/pokok, media yang disajikan hanya menampilkan poin – poin penting materi tersebut selebihnya akan disampaikan oleh guru sebagai keterangan dari media yang ditampilkan. c. Penyajian media pembelajaran pelengkap, media ini berfungsi sebagai penguat atau pelengkap dari kegagalan penerimaan materi pada media pertama dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti posisi tempat yang jauh dari tempat media disajikan dan pencahayaan yang terlalu terang. d. Guru mengarahkan pemahaman siswa agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pengarahan tersebut bertujuan agar persepsi siswa dan guru sama. e. Guru bersama siswa menyimpulkan pokok bahasan pada hari itu. Kesimpulan ini berguna untuk menemukan intisari dari bahasan materi saat itu dengan melibatkan siswa agar melatih untuk berfikir kritis dalam memutuskan. 3. Keterampilan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam evaluasi penggunaan media pembelajaran di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung : a. Kendala yang di alami dalam pelaksanaan media pembelajaran. Dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran di kelas terdapat beberapa kendala yang dialami guru baik dikarenakan media maupun keadaan kelas saat pembelajaran. b. Usaha yang dilakukan Bpk. Dain Wahid dalam menanggulangi kendala atau problem pembelajaran menggunakan media pembelajaran meliputi beberapa tindakan baik dengan cara memindah posisi saat menjelaskan sampai memindah tempat duduk siswa. c. Cara evaluasi media pembelajaran yang dilakukan Bpk. Dain Wahid meliputi pengurangan atau penambahan konten pada media pembelajaran yang disajikan pada power poin maupun membuat media kedua sebagai media pelengkap sekaligus sebagai penjelas media pembelajaran pertama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143363 SAMSUL ARIFIN
Date Deposited: 03 Oct 2018 03:45
Last Modified: 03 Oct 2018 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9572

Actions (login required)

View Item View Item