PERBEDAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POHON MATEMATIKA DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGANTRU TAHUN AJARAN 2017/2018

NURUL QOMARIYAH, 1724143198 (2018) PERBEDAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POHON MATEMATIKA DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGANTRU TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Pohon Matematika Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ngantru Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Nurul Qomariyah, NIM. 1724143198, pembimbing Umy Zahroh, Ph.D. Kata Kunci : Model Pembelajaran Pohon Matematika, Mind Mapping, dan Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam pelajaran matematika yang disebabkan siswa menganggap matematika sebagai sesuatu yang menakutkan, karena rumus-rumus yang ada dalam matematika terlalu banyak dan bermacam-macam sehingga sulit untuk memahami. Selain itu proses pembelajaran di sekolah tersebut masih menerapkan model konvensional yang mengakibatkan tidak terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga siswa merasa bosan. Berdasarkan hal tersebut, dalam proses pembelajaran perlu menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif langsung. Model pembelajaran tersebut adalah Model Pembelajaran Pohon Matematika dan Mind Mapping. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan model pembelajaran Pohon Matematika dan Mind Mapping terhadap hasil belajar matematika materi aritmetika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngantru tahun ajaran 2017/2018, (2) model mana yang lebih efektif digunakan pada materi aritmetika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngantru tahun ajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngantru tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen satu yang diterapkan model pembelajaran Pohon Matematika dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dua yang diterapkan model pembelajaran Mind Mapping. Teknik pengumpulan data (1) Tes (2) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Ada perbedaan model pembelajaran Pohon Matematika dan Mind Mapping terhadap hasil belajar matematika siswa materi aritmetika sosial kelas VII SMP Negeri 2 Ngantru tahun ajaran 2017/2018. (2) Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dua sebesar 79,16 lebih tinggi daripada rata-rata kelas eksperimen satu yaitu 70,63. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen dua yang menggunakan model Mind Mapping lebih efektif digunakan dari pada kelas eksperrimen satu yang menggunaknan model pembelajran Pohon Matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143198 NURUL QOMARIYAH
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:57
Last Modified: 02 Oct 2018 07:57
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9571

Actions (login required)

View Item View Item