PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN REJOSO PETERONGAN JOMBANG

ARIS SUSSILAWATI, 1721143065 (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN REJOSO PETERONGAN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (231kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (624kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Fikih di MAN Rejoso Peterongan Jombang” ini ditulis oleh Aris Sussilawati, NIM. 1721143065, yang dibimbing oleh Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd, NIP. 19760518 200701 2 021. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fikih. Penelitian ini dilatar belakangi oleh, sekarang sistem pendidikan mengunakan Kurikulum 2013, tidak hanya peran guru saja yang dituntut untuk aktif, tetapi peserta didik juga dituntut untuk aktif dalam pembelajaran, karena penilaian guru melalui tiga ranah, yaitu: kognitif, efektif, dan psikomotorik. Sehingga peneliti meneliti penerapan strategi pembelajaran aktif, khususnya pada mata pelajaran fikih. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode demontrasi pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Perterongan Jombang?, (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode make a match pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Perterongan Jombang?, (3) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode role playing pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Perterongan Jombang?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendriskipsikan penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode demontrasi pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Perterongan Jombang, (2) Untuk mendriskipsikan penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode make a match pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Perterongan Jombang, (3) Untuk mendriskipsikan penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode role playing pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Perterongan Jombang. Rancangan Penelitian: pendekatan kualitatif; jenis penelitian deskriptif; lokasi penelitian: MAN Rejoso Peterongan Jombang; sumber data: data primer dan data sekunder; teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan; teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi; pengecekan keabsahan data: perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode demontrasi pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Perterongan Jombang: (a) Pentingnya guru memilih dan menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, (b) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran sebelum proses pembelajaran, (c) Membuat peserta didik tidak hanya paham materi tetapi berpengalaman praktik langsung, (d) Harus ada media pembelajaran yang mendukung, (e) Guru memberi tugas peserta didik berupa praktik kelompok; (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode make a match pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Peterongan Jombang: (a) Guru Ssebelum menerapkan metode ini harus mempersiapkan kartu soal, (b) Guru harus memilih materi yang cocok, (c) Guru mengadakan variasi dalam pembelajaran, (d) Guru memberikan kesempatan semua peserta didik untuk aktif, (e) Digunakan untuk mengevaluasi atau mengukur kemampuan pemahaman siswa, (f) Guru memberi motivasi dan hadiah kepada peserta didik yang berprestasi; (3) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode role playing pada mata pelajaran fikih di MAN Rejoso Perterongan Jombang: (a) Guru menjelaskan materi dahulu sebelum memberi tugas, (b) Memberi kesempatan peserta didik untuk mempraktikkan di depan dengan peran yang berbeda-beda, (c) Memancing keberanian peserta didik untuk maju kedepan kelas, (d) Memberikan peserta didik pengalaman baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143065 Aris Sussilawati
Date Deposited: 28 Sep 2018 06:15
Last Modified: 28 Sep 2018 06:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9544

Actions (login required)

View Item View Item