PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) WALISONGO BESUKI TAHUN AJARAN 2016-2017

GURUH TRI BASUKI, 3214103073 (2018) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) WALISONGO BESUKI TAHUN AJARAN 2016-2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (307kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas VIII MTs Walisongo Besuki Tahun Ajaran 2016-2017” ini ditulis oleh Guruh Tri Basuki dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh dalam pembelajaran matematika guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang semangat, peneliti menawarkan pendekatan matematika realistic (PMR) yang mana dalam pembelajarannya diharapkan siswa dapat menemukan sendiri bentuk penyelesaian suatu soal atau masalah yang diberikan kepada mereka. Dengan siswa menemukan sendiri penyelesaiannya, mereka akan membangun konsep materi yang dia dapat dan akan diperkuat dengan definisi atau konsep formal yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitiannya adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknyapengaruh yang signifikan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika siswa pada siswa kelas VIII MTs Walisongo Besuki Tahun Ajaran 2016-2017. 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas VIII MTs Walisongo Besuki Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jens penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa Kelsa VIII MTs Walisongo Besuki Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan Matematika Realistik (PMR) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII Semester II di MTs Walisongo Besuki Tahun Pelajaran 201 6/201 7, yang dibuktikan dari nilai t hitung 5.107 > ttabel 2.002, sementara itu diperoleh hasil Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < taraf nyata (= 0,05). 2) Hasil pnghitungan statistik menggunakan uji t-tes diperoleh thitung = 5.107 > ttabel 2.002, yang artinya ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII Semester II di MTs Walisongo Besuki Tahun Pelajaran 2016/2017, besar pengaruhnya adalah 18,04% maka dapat disimpulkan bahwa persentase pengaruhnya tergolong rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214103073 GURUH TRI BASUKI
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:25
Last Modified: 27 Sep 2018 06:25
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9523

Actions (login required)

View Item View Item