PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

Abdillah Fadhli, 1724143002 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (848kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB)
[img] Text
DAFTAR isi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan motivasi belajar materi SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel) kelas X SMA Negeri 1 Rejotangan” ditulis oleh Abdillah Fadhli, NIM. 1724143002, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati S.Pd., MM. Kata Kunci: ATI (Aptitude, Treatment, Interaction), Kemampuan Masalah, Motivasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan di bidang ilmu pendidikan dan teknologi yang semakin pesat akan mempengaruhi perkembangan dan kemajuan masyarakat di berbagai bidang. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu menopang perkembangan pendidikan dan teknologi tersebut. Dalam hal ini, pendidikan mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satu disiplin ilmu dalam sistem pendidikan adalah matematika. Namun tidak semua siswa menyukai matematika. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dianggap mampu membantu dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan motivasi belajar matematika siswa pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel) Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018, 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018, 3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan motivasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung, sementara sampel penelitian ini kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) peserta didik kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh perhitung uji MANOVA diperoleh dan Sig. (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima, 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap motivasi belajar pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) peserta didik kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh perhitung uji MANOVA diperoleh dan Sig. (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima, 3) Ada pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap kemampuan memecahkan masalah dan motivasi belajar pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) peserta didik kelas X SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh perhitung uji MANOVA pada kelas menyatakan bahwa signifikansi Pillal’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root memiliki nilai Sig. 0,003 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd. 1724143002 Abdillah Fadhli
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:55
Last Modified: 26 Sep 2018 03:55
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9519

Actions (login required)

View Item View Item