TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJASAMA DAN BAGI HASIL HOME INDUSTRI DALAM PENGELOLAAN GULA KELAPA (Studi Kasus di Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar)

atul, umarah (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJASAMA DAN BAGI HASIL HOME INDUSTRI DALAM PENGELOLAAN GULA KELAPA (Studi Kasus di Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSII.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Pengesahan.jpg

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Persetujuan Pembimbing.jpg

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama dan Bagi Hasil Home Industri dalam Pengelolaan Gula Kelapa”, ini ditulis oleh Muflikhatul Umarah, NIM. 3221103014, Fakultas Syariah, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, di Bimbing oleh Dr.H.A Hasyim Nawawi. SH.M.Si , NIP.195212301981031006. Kata Kunci : Hukum Islam, Kerja sama dan Bagi Hasil Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi adanya pemilik modal yang menyediakan beberapa pohon kelapa untuk dikelola oleh masyarakat yang membutuhkan. Praktik kerja sama yang dilakukan, dimana didalam membagi keuntungan, mereka hanya saling percaya. Akad tersebut terjadi juga tidak adanya surat pejanjian, namun dengan adanya rasa saling percaya satu sama lain, akad tersebut bisa dijalankan dengan lancar.Akad kerja sama bagi hasil merupakan salah satu akad dalam bentuk kegiatan mumamalat yang bertujuan untuk mendatangkan kemashlahatan atau kemanfaatan dan memeliara keadilan, menghindari unsur penganiayaan dan unsur pengambilan kesempatan dalam kesempitan. Didalam Islam, akad kerja sama seperti ini dibolehkan, karena diantara mereka saling mengambil manfaat dan saling membantu dalam suatu usaha. Fokus dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana praktik kerjasama dan bagi hasil home industri pada pengelolaan gula kelapa di desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktikb kerjasama dan bagi hasil home industri pada pengelolaan gula kelapa di desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder.Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,metode wawancara, dan metode dokumentasi . Sedangkan teknik analisis data yang berhasil dikumpulkan dari lokasi penelitian langkah selanjutnya dianalisis, dan disajikan secara tertulis dalam laporan tersebut. Hasil penelitian ini sebagai berikut, bahwa praktik yang dilakukan oleh para pengelola dan pemilik modal, dilakukan dengan cara membagi keuntungan sesuai dengan kesepakatan para pihak. Menurut kajian hukum isl am pada kenyataannya praktik yang dilakukan oleh beberapa pihak sudah sesuai dengan rukun, syarat, dan hukum islam, meskipun praktik tersebut tidak memakai surat perjanjian pada saat akad, kerja sama tersebut dapat berjalan dengan lancar, karena adanya saling percaya satu sama lain. Mereka selalu melaporkan hasil keuntungan apa adanya yang diperoleh, mereka tidak pernah berbuat curang dalam membagi keuntungan. Selain keuntungan selalu dibagi bersama, jika terjadi kerugian pun akan ditanggung secara bersama-sama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: atul umarah
Date Deposited: 11 Mar 2015 07:27
Last Modified: 11 Mar 2015 07:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item