PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QURAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 2 NGLEGOK BLITAR

ADI PRASETYO WIBOWO, 1721143012 (2018) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QURAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 2 NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Intensitas Membaca Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMPN 2 Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Adi Prasetyo Wibowo, NIM. 1721143012, pembimbing Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci : Intensitas Membaca Al-Quran, Kecerdasan Emosional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah teori yang mengatakan bahwa faktor kecerdasan emosional dapat terbentuk melalui membaca Al-Quran dengan memahami maknanya. Upaya mendapatkan kecerdasan emosional dalam islam menuntut latihan-latihan yang intensif (telaten) dan sungguh-sungguh dalam membaca atau belajar Al-Quran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Adakah pengaruh intensitas membaca Al-Quran terhadap kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 2 Nglegok Blitar? (2) Seberapa besar pengaruh intensitas membaca Al-Quran terhadap kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 2 Nglegok Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Quran terhadap kecerdasan emosional siswa SMPN 2 Kota Blitar dan seberapa besar pengaruhnya. Untuk melakukan penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis expost facto dengan analisis Multivariat (MANOVA). Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, angket, dokumentasi,. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Nglegok Blitar sejumlah 310 siswa dan diambil sampel dengan menggunakan random sampling sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 172 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif antara Intensitas Membaca Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Aspek Mengenali emosi diri Siswa SMPN 2 Nglegok Blitar dengan signifikansi 0.000<0.05 dengan besaran Adjusted R Square 27,6%. Dan juga ada pengaruh positif antara Intensitas Membaca Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Aspek Mengelola emosi Siswa SMPN 2 Nglegok Blitar dengan signifikansi 0.000<0.05 dengan besaran Adjusted R Square 21.0%. Dan juga ada pengaruh positif antara Intensitas Membaca Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Aspek Memotivasi diri Siswa SMPN 2 Nglegok Blitar dengan signifikansi 0.000<0.05 dengan besaran Adjusted R Square 34.8%. Dan juga ada pengaruh positif antara Intensitas Membaca Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Aspek Mengenali emosi orang lain Siswa SMPN 2 Nglegok Blitar dengan signifikansi 0.000<0.05 dengan besaran Adjusted R Square 29.8%. dan Dan juga ada pengaruh positif antara Intensitas Membaca Al-Quran Terhadap Kecerdasan Emosional Aspek Membina hubungan Siswa SMPN 2 Nglegok Blitar dengan signifikansi 0.000<0.05 dengan besaran Adjusted R

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143012 ADI PRASETYO WIBOWO
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:36
Last Modified: 25 Sep 2018 03:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9498

Actions (login required)

View Item View Item