PROFESIONALISME GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG

ANNISSA TRI HANDAYANI, 1725143027 (2018) PROFESIONALISME GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Profesionalisme Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis pada Siswa di MIN 3 Tulungagung“ ini ditulis oleh Annissa Tri Handayani, NIM. 1725143027, pembimbing Mirna Wahyu Agustina. M.Psi. Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Proses kegiatan belajar, semua guru mengharapkan agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal, tetapi faktanya masih ada siswa yang mempunyai kesulitan belajar membaca dan menulis yang di dasari oleh kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk berusaha agar bisa membaca dan menulis, siswa tidak dapat menguasai materi dengan baik, serta kurangnya motivasi, dan perhatian dari orangtua sehingga siswa mengalami kesulitan belajar membaca dan menulis. untuk itu upaya yang dilakukan oleh guru sangat diperlukan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Profesionalisme Guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis di MIN 3 Tulungagung?, 2) Bagaimana Faktor Pendukung Profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis di MIN 3 Tulungagung?, 3) Bagaimana Faktor penghambat Profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis di MIN 3 Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis, faktor pendukung dan faktor penghambat profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis. Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif Kualitatif, lokasi penelitian di MIN 3 Tulungagung mengoptimalkan kehadiran peneliti. Sumber data yang akan diperoleh Kepala Madrasah, guru kelas, guru les khusus, dan siswa di MIN 3 Tulungagung. Kemudian teknik pengumpulan data: (1) Observasi Partisipan, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu: Pertama Profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa di MIN 3 Tulungagung yaitu program mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis, menggunakan metode yang bervariatif, metode CALISTUNG, diagnosis, pemberian Reward. Kedua Faktor pendukung profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa di MIN 3 Tulungagung yaitu Sarana dan Prasarana yang baik, ketelatenan guru, motivasi orangtua dan guru, media pembelajaran, kepala madrasah peduli terhadap siswa. Ketiga Faktor penghambat profesionalisme guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa di MIN 3 Tulungagung yaitu kurang aktifnya siswa di kelas, konsentrasi siswa kurang baik, kurang motivasi dari orangtua, kondisi kelas darurat, tidak adanya motivasi dari dalam diri anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143027 ANNISSA TRI HANDAYANI
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:29
Last Modified: 12 Mar 2019 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9491

Actions (login required)

View Item View Item