HAMBATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

YUNI DEWITA SARI, 1724143270 (2018) HAMBATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (220kB)

Abstract

xiii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hambatan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel” ini ditulis oleh Yuni Dewita Sari, NIM. 1724143270, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Hambatan, Komunikasi Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih rendah, dimana kemampuan komunikasi matematis ini salah satu yang harus dimiliki oleh setiap siswa baik komunikasi secara lisan dan tulisan. Kemampuan komunikasi matematis yang masih rendah ini di akibatkan karena siswa mengalami gangguan yang menyebabkan hambatan. Pada penelitian ini peneliti membatasi komunikasi matematis secara tulis, dimana siswa mengalami komunikasi tulis tanpa disadari. Oleh karena itu peneliti meneliti hambatan komunikasi matematis tulis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Apa jenis hambatan komunikasi matematis tulis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel?, (2) Apa saja faktor penghambat komunikasi matematis tulis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tulungagung dengan informan sebanyak 7 siswa yang mengalami hambatan komunikasi matematis. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara, tes tulis, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini melalui tahap penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu: derajat kepercayaan (credibility) uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif antara lain dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat; kebergantungan (depenability) uji depenability dilakukan dengan melakukan audit terhadap keseluruhan proses penelitian; dan kepastian (confrimability) uji kepastian ini mirip dengan uji depenability, uji ini menguji hasil penelitian dikaitkan dengan proses yang dilakukan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Jenis hambatan komunikasi matematis tulis siswa yang terjadi berupa hambatan semantik, hambatan pragmantik, dan hambatan sintaksis, (2) Faktor yang menghambat komunikasi matematis ini berasal dari diri siswa yang berupa kemampuan pemahaman akan sebuah kata-kata, menyampaikan ide-ide, kemampuan daya ingat dan daya pikir, kebiasaan, sedangkan faktor yang berasal dari luar berupa lingkungan dan pembelajaran. xiv Skripsi ini diharapkan bermanfaat memberikan sumbangan pemikiran dalam peninjauan hambatan komunikasi matematis tulis, faktor penghambat komunikasi matematis tulis siswa dari berbagai segi yang dapat mempengaruhi kemampuan matematis siswa agar dapat diminimalisir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143270 YUNI DEWITA SARI
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:39
Last Modified: 19 Sep 2018 02:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9431

Actions (login required)

View Item View Item