PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs AL-MA’ARIF PONPES PANGGUNG TULUNGAGUNG

MUHAMMAD RIF’AN ABDULLAH, 1724143167 (2018) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs AL-MA’ARIF PONPES PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)

Abstract

iii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika” ini ditulis oleh Muhammad Rif’an Abdullah NIM. 1724143167, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Profil, Berpikir Kreatif, Masalah Matematika. Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah kurangnya kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kurangnya kreativitas ini mengakibatkan siswa tidak bisa optimal dalam menemukan ide untuk memecahkan masalah pada soal. Namun peneliti menemukan sebagian siswa mampu menyelesaikan masalah pada saat mengerjakan soal matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Sehingga diharapkan akan mampu memberikan gambaran secara singkat bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara untuk menggali data. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kondisi pembelajaran, terutama di kelas yang akan menjadi tempat penelitian sebagai cara menentukan subyek penelitian. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan. Dalam penelitian ini, dipilih 6 siswa sebagai subyek penelitian. 2 siswa mewakili siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa mewakili siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa mewakili siswa berkemampuan rendah. Adapun pemilihan subyek penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan juga pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa-siswa tersebut. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: 1) hasil analisis jawaban tes soal matematika dan wawancara siswa berkemampuan matematika tinggi adalah; dalam aspek fluency (kefasihan) dan flexibility (fleksibilitas), siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi kedua indikator ini dengan baik. Untuk indikator originality (kebaruan), siswa berkemampuan tinggi kurang mampu. Namun, secara umum, dalam mengerjakan masalah matematika, proses berpikir siswa berkemampuan tinggi lebih baik dari siswa dengan kemampuan rendah ataupun sedang. 2) siswa berkemampuan matematika sedang pada aspek flexibility (keluwesan) sudah memenuhi indikator yang ada, namun untuk dan fluency (kefasihan) dan originality (kebaruan) masih belum dapat dicapai dengan baik. 3) siswa berkemampuan matematika rendah pada aspek fluency (kefasihan), flexibility (fleksibilitas) dan originality (kebaruan) masih belum dapat dicapai dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143167 MUHAMMAD RIF’AN ABDULLAH
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:45
Last Modified: 01 Oct 2018 06:45
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9423

Actions (login required)

View Item View Item