PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATEMATICS EDUCATION) DAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU TAHUN AJARAN 2017/2018

NITA NUR ALFIANA, 1724143185 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATEMATICS EDUCATION) DAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (426kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Nita Nur Alfiana, 1724143185, 2018, Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran RME (Realistics Mathematics Education) Dan Reciprocal Teaching Pada Materi Trigonometri Kelas X Di MA Ma’arif Udanawu Tahun Ajaran 2017/2018, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Negeri Tulungagung, Pembimbing, Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, RME, Reciprocal Teaching. Penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan pembelajaran didalam kelas yang masih menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, serta masih rendahnya motivasi siswa untuk belajar, sehingga siswa belum terbiasa terlatih mengerjakan soal-soal latihan jika tidak di beri tugas oleh guru. Selain itu, suasana kelas masih cenderung berpusat pada guru. Maka dibutuhkannya model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika sehingga dapat dicapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran RME dan Reciprocal Teaching. Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu Matematika dengan materi Trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan dengan desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Ma’arif udanawu yang terdiri dari 15 kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sa,pling Non Probability Samping jenis sampling purposive yaitu kelas X IIS 7 sebagai kelas RME dan X IIS 8 sebagai kelas Reciprocal Teaching. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. dalam penelitian ini digunakan metode tes. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran RME (Realistics Mathematics Education) dan Reciprocal Teaching, hal ini dapat dilihat dari hasil hitung uji statistik yaitu Thitung > Ttabel atau -3,557 > 2,000 dan nilai sig < 0,05 atau 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143185 NITA NUR ALFIANA
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:36
Last Modified: 18 Sep 2018 07:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9416

Actions (login required)

View Item View Item