Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif pada Kelas VII Di SMPN 1 Gondang Tulungagung

A'INAUL KHAMIDAH, 1721143036 (2018) Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif pada Kelas VII Di SMPN 1 Gondang Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif pada Kelas VII Di SMPN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh A’INAUL KHAMIDAH, NIM. 1721143036, pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Belajar Mengajar Efektif Penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran yang berbeda antar satu sekolah dengan sekolah yang lainnya. Dalam prosesnya, perlu adanya gambaran secara mendalam tentang proses pembelajaran yang dilakukan dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif. Upaya guru dalam mengelola proses pembelajaran dipandang sebagai keunikan guru dalam kreativitasnya menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif. Untuk itu peneliti akan membahas dan menggambarkan lebih dalam tentang kreativitas guru PAI dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung. Adapun Fokus penelitian ini: (1) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam menggunakan sumber belajar untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung?, (2) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode pembelajaran secara variatif untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung?, (3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat kreativitas guru PAI dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah person, paper dan place. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui waktu pelaksanaan observasi diperpanjang, observasi yang kontinu dan tiangulasi. Hasil penelitian ditemukan sebagai berikut: (1) Kreativitas guru PAI dalam menggunakan sumber belajar untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung, yaitu dengan memvariasikan beberapa jenis sumber belajar ketika mengajar. Sumber belajar tersebut berupa orang, tempat/lingkungan, buku, alat, dan peristiwa. Sebagai upaya menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif, guru PAI melakukan pengembangan sumber belajar dengan mengeksplorasi berbagai sumber belajar. (2) Kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode pembelajaran secara variatif untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung ditunjukan pada variasi metode yang digunakan dengan teknik-teknik tertentu. Metode yang sering digunakan guru PAI adalah ceramah tanya jawab, diskusi, presentasi, peta konsep (mind mapping), drill, dan menghafal cepat. Kemudian variasi metode dilakukan dengan teknik pembelajaran make a macth, short card, talking stick dan snowball throwing. Adapun pertimbangan guru dalam pemilihan metode belajar yaitu keadaan siswa, materi pelajaran yang disampaikan, dan penguasaan terhadap metode yang digunakan. (3) Faktor pendukung kreativitas guru PAI dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung yaitu, dorongan dalam pribadi guru sendiri, lingkungan sekolah serta sarana dan rasarana. Adapun faktor penghambat kretivitas guru PAI adalah datang dari guru dan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MAHASISWA 1721143036 A'INAUL KHAMIDAH
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:13
Last Modified: 18 Sep 2018 04:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9407

Actions (login required)

View Item View Item