STRATEGI GURU KELAS V DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG

YULIS DEAKUMALASARI, 1725143312 (2018) STRATEGI GURU KELAS V DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Kelas V Dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Yulis Deakumalasari (NIM.1725143312) dan dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kenakalan, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu keadaan sebagai sekolah berbasis Islam dan memiliki porsi besar dalam pembelajaran agama dan segudang prestasi yang dimiliki Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Tulungagung dalam kenyataannya masih terdapat beberapa peserta didik yang berperilaku nakal. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan memerlukan penanganan tepat sehingga dapat merubah perilaku kenakalan tersebut. Fenomena ini mendorong sekolah mencari cara menanggulanginya dengan menerapkan strategi dan hasil akhir tindakan tersebut diharapkan terjadi perubahan perilaku peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru kelas V dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di MIN 7 Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi strategi guru kelas V dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di MIN 7 Tulungagung? 3) Bagaimana implikasi strategi guru kelas V dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di MIN 7 Tulungagung? Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Proses pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data 3P yaitu Person (orang), Paper (kertas), Place (tempat). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan data dengan peningkatan ketekunan, Triangulasi sumber dan tehnik,, diskusi dengan teman sejawat dan membercheck. Hasil penelitian adalah: 1) Dalam menanggulangi kenakalan peserta didik MIN 7 Tulungagung menggunakan strategi tindakan Preventif, Represif dan Kuratif. 2) a) Implementasi Strategi Preventif dengan memberikan nasihat, melaksanakan kegiatan pembiasaan, mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan non keagamaan, Guru memberikan contoh keteladanan sikap dan tingkah laku. b) Implementasi Strategi Represif dengan memberikan hukuman yang mendidik, memberikan sanksi menyapu kelas atau tambahan jadwal piket dan untuk peserta didik yang melanggar tata tertib diwajibkan membayar uang kas kelas sesuai kesepakatan. c) Implementasi Strategi Kuratif dengan menegur langsung siswa yang melanggar tata tertib , komunikasi terbuka dengan peserta didik bermasalah, menjalin kerjasama guru dan orang tua untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan 3) Implikasi strategi menanggulangi kenakalan peserta didik yang dilaksanakan adalah terjadinya perubahan perilaku yaitu ditandai dengan menurunnya intensitas kenakalan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143312 YULIS DEAKUMALASARI
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:26
Last Modified: 17 Sep 2018 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9392

Actions (login required)

View Item View Item