PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SUTOJAYAN BLITAR

ELGA DEWI KUMALA TOHARI, 1725143077 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK Tohari, Elga Dewi Kumala. 1725143077. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pembimbing: Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Media Gambar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang masih konvensional yaitu siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat, mengerjakan latihan soal, kemudian deiberi pekerjaan rumah dan ulangan akhir. Jika ini berlangsung terus menerus dari materi satu ke materi yang lain tanpa adanya variasi dari guru maka membuat peserta didik menjadi jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar Matematika. Sehingga nilai Matematika pada kelas ini dalam ujian sebelum diadakan remedial masih ada kesenjangan. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) adakah pengaruh model pembelajaran ikuiri dengan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? (2) Adakah pengaruh Media Gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? (3) adakah pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. (2) untuk menjelaskan adanya pengaruh media gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar (3) untuk menjelaskan adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. Penelitian ini merupakan penelelitian Ex-Pastfacto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi berasal dari kelas IV dan V dan sampelnya adalah siswa kelas V. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling.. Pengambilan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu dengan pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang bisa diharapkan dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media gambar terhadap kreativitas peserta didik dalam kelas V A MI Miftakhul Huda. Penelitian tersebut memberikan data bahwa penggunaan pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik khususnya dalam memahami mata pelajaran. Hal ini dibuktikan dari adanya hasil nilai pre test kelas eksperimen dengan post test kelas eksperimen menunjukan (0,229 ˃ 0,05) serta membandingkan rata-rata (mean) kelas eksperimen pretest adalah 23,1333 dan rata-rata (mean) kelas eksperimen post test adalah 25,8000. Dengan begitu, uji itu menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa dari hasil tersebut yang memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran inkuiri dengan media gambar pada anak kelas V MI Miftakhul Huda Sutojayan Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. ABSTRAK Tohari, Elga Dewi Kumala. 1725143077. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pembimbing: Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Media Gambar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang masih konvensional yaitu siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat, mengerjakan latihan soal, kemudian deiberi pekerjaan rumah dan ulangan akhir. Jika ini berlangsung terus menerus dari materi satu ke materi yang lain tanpa adanya variasi dari guru maka membuat peserta didik menjadi jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar Matematika. Sehingga nilai Matematika pada kelas ini dalam ujian sebelum diadakan remedial masih ada kesenjangan. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) adakah pengaruh model pembelajaran ikuiri dengan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? (2) Adakah pengaruh Media Gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? (3) adakah pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. (2) untuk menjelaskan adanya pengaruh media gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar (3) untuk menjelaskan adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. Penelitian ini merupakan penelelitian Ex-Pastfacto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi berasal dari kelas IV dan V dan sampelnya adalah siswa kelas V. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling.. Pengambilan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu dengan pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang bisa diharapkan dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media gambar terhadap kreativitas peserta didik dalam kelas V A MI Miftakhul Huda. Penelitian tersebut memberikan data bahwa penggunaan pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik khususnya dalam memahami mata pelajaran. Hal ini dibuktikan dari adanya hasil nilai pre test kelas eksperimen dengan post test kelas eksperimen menunjukan (0,229 ˃ 0,05) serta membandingkan rata-rata (mean) kelas eksperimen pretest adalah 23,1333 dan rata-rata (mean) kelas eksperimen post test adalah 25,8000. Dengan begitu, uji itu menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa dari hasil tersebut yang memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran inkuiri dengan media gambar pada anak kelas V MI Miftakhul Huda Sutojayan Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. ABSTRAK Tohari, Elga Dewi Kumala. 1725143077. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pembimbing: Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Media Gambar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar yang masih konvensional yaitu siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat, mengerjakan latihan soal, kemudian deiberi pekerjaan rumah dan ulangan akhir. Jika ini berlangsung terus menerus dari materi satu ke materi yang lain tanpa adanya variasi dari guru maka membuat peserta didik menjadi jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar Matematika. Sehingga nilai Matematika pada kelas ini dalam ujian sebelum diadakan remedial masih ada kesenjangan. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) adakah pengaruh model pembelajaran ikuiri dengan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? (2) Adakah pengaruh Media Gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? (3) adakah pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar? adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. (2) untuk menjelaskan adanya pengaruh media gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar (3) untuk menjelaskan adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Sutojayan Blitar. Penelitian ini merupakan penelelitian Ex-Pastfacto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi berasal dari kelas IV dan V dan sampelnya adalah siswa kelas V. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling.. Pengambilan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu dengan pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang bisa diharapkan dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media gambar terhadap kreativitas peserta didik dalam kelas V A MI Miftakhul Huda. Penelitian tersebut memberikan data bahwa penggunaan pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik khususnya dalam memahami mata pelajaran. Hal ini dibuktikan dari adanya hasil nilai pre test kelas eksperimen dengan post test kelas eksperimen menunjukan (0,229 ˃ 0,05) serta membandingkan rata-rata (mean) kelas eksperimen pretest adalah 23,1333 dan rata-rata (mean) kelas eksperimen post test adalah 25,8000. Dengan begitu, uji itu menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa dari hasil tersebut yang memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran inkuiri dengan media gambar pada anak kelas V MI Miftakhul Huda Sutojayan Blitar Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143077 Elga Dewi Kumala Tohari
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:33
Last Modified: 13 Sep 2018 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9351

Actions (login required)

View Item View Item