PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III DI MI MA’DINUL ‘ULUM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

LUSI ASHARI, 1725143160 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III DI MI MA’DINUL ‘ULUM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Minat dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas III di MI Madi’nul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Lusi Ashari, NIM. 1725143160, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Kooperatif, Numbered Head Together, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga minat belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap minat belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap minat dan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pmbelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap minat belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Numbered Head Together terhadap minat dan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi eksperimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Madi’nul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Madi’nul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap minat belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk minat belajar Fiqih diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,041. Karena signifikansi < 0,05 maka H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap minat belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar Fiqih diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,027. Karena signifikansi < 0,05 maka H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap minat dan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk minat dan hasil belajar Fiqih diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,015. Karena signifikansi < 0,05 maka H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap mint dan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III di MI Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143160 LUSI ASHARI
Date Deposited: 13 Sep 2018 06:37
Last Modified: 13 Sep 2018 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9340

Actions (login required)

View Item View Item