UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 7 BLITAR

FRANSISKA DUWI WAHYUNI, 1725143105 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 7 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 7 Blitar” ini ditulis oleh Fransiska Duwi Wahyuni, NIM. 1725143105, Fkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAINTulungagung, Pembimbing Drs. Masduki, M.Ag Kata Kunci: Upaya Guru, Mutu Pendidikan Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena bahwa mutu pendidikan di madrasah perlu diperhatikan dan ditingkatkan menjadi lebih baik dan berkualitas. Hal ini merupakan tantangan yang harus direspon secara positif oleh lembaga pendidikan Islam. Mutu pendidikan merupakan suatu hal yang menjelma menjadi kebutuhan primer bagi sekolah untuk bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya. Dalam proses peningkatan mutu pendidikan tersebut perlu adanya upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, hal ini dikarenakan guru merupakan faktor yang sangat penting dan berpengaruh dalam pendidikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaiamana upaya guru dalam meningkatkan mutu input pendidikan di MIN 7 Blitar? (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan mutu proses pendidikan di MIN 7 Blitar? (3) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan mutu lingkungan pendidikan di MIN 7 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya guru dalam meningkatkan mutu input, proses dan lingkungan pendidikan di MIN 7 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibiltas, triangulasi, pengujian transferablility, depenability dan confirmability. Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya guru dalam meningkatkan mutu input pendidikan di MIN 7 Blitar adalah meliputi input manajemen dan input sumber daya. Input manajemen meliputi perumusan visi dan misi yang dilakukan oleh guru dengan melibatkan seluruh komponen madrasah dan menyusun program madrasah serta pembagian tugas baik dibidang pengelolaan pendidikan dan tugas tambahan dan juga menyusun jadwal penadalaman untuk kelas VI. Input sumber daya, meliputi upaya peningkatan input peserta didik di bidang akademik dan non-akademik. Serta meningkatkan kualitas guru. (2) Upaya Guru dalam Meningkatkan Mutu Proses Pendidikan di MIN 7 Blitar meliputi, pengembangan proses belajar mengajar melalui strategi mengelola kelas, dan evaluasi pembelajaran, proses pengelolaan program yang meliputi; pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya manusia, pelayanan siswa, dan pengelolaan fasilitas. (3) Upaya Guru dalam Meningkatkan Mutu Lingkungan Pendidikan di MIN 7 Blitar meliputi, penyediaan dan pengelolaan lingkungan fisik, dan pengelolaan lingkungan non-fisik berupa: adanya pengembangan budaya lingkungan yaitu adiwiyata/PLH dan mengadakan jum’at bersih dan jum’at amal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143105 FRANSISKA DUWI WAHYUNI
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:09
Last Modified: 17 Sep 2018 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9324

Actions (login required)

View Item View Item