Penerapan Metode Bermain untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 3 MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar

Mukholifah, Lilis (2012) Penerapan Metode Bermain untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 3 MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
Halaman depan.docx

Download (59kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.docx

Download (111kB)
[img] Text
Sampul.docx

Download (85kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Metode Bermain. Latar belakang masalah penelitian ini adalah, dalam pembelajaran sering kali guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang monoton, hampir tanpa variasi yang kreatif. Pembelajaran masih menggunakan metode ekspositori sehingga mencatat dan menerangkan menjadi dominan dalam belajar di kelas. Guru kurang mengembangkan kegiatan pembelajaran yang beragam untuk siswa. Sebagian besar siswa kelas 3 MI Miftahul Huda merasa bosan, sering tidak mengerti materi yang dipelajari dan semangat dalam mengikuti pelajaran Matematika. Sehingga prestasi belajar relatif rendah. Rumusan masalah skripsi ini adalah: 1.) Bagaimana penerapan metode bermain dalam meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas 3 MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ?, 2.) Apakah dengan penerapan metode bermain dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas 3 MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan metode bermain dalam meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas 3 MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar, 2) Mendeskripsikan penerapan metode bermain dalam meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas 3 MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar. Manfaat Penelitian ini, Bagi sekolah, Hasil penelitian ini bagi sekolah dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan kegiatan pembelajaran di sekolah, Sebagai masukan untuk menentukan haluan kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika. Bagi siswa, Penggunaan metode bermain dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dan tingkat motivasi belajar siswa. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat prestasi siswa setelah menggunakan metode bermain. Wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode bermain. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia, termasuk foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis motivasi mengalami peningkatan, dari persentase 74% (siklus I) menjadi 88% (siklus II). Sedangkan prestasi belajar siswa juga meningkat, hal ini ditunjukkan pada tes awal (pretest) mencapai nilai rata-rata 58,84 dengan persentase 34% meningkat menjadi 76,92% dengan nilai rata-rata 79,61 pada siklus I, pada siklus II mencapai 80,76% dengan nilai rata-rata 87,69. Dan pada akhir tindakan (postest) mencapai 88,46% dengan nilai rata-rata 88. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 3 MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 07:35
Last Modified: 28 Jan 2015 07:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item