Pengaruh Faktor Sosial dan Tingkat Pendidikan Konsumen Terhadap Keputusan Untuk Menjadi Nasabah BMT (Studi kasus nasabah BMT SAHARA Tulungagung)

Julia, Nurul (2014) Pengaruh Faktor Sosial dan Tingkat Pendidikan Konsumen Terhadap Keputusan Untuk Menjadi Nasabah BMT (Studi kasus nasabah BMT SAHARA Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI (BAB I - II - III - IV - V).pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi perilaku konsumen lembaga keuangan syariah dalam pengambilan keputusan. Ada banyak pengaruh yang menjadi dasar konsumen menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Pengambilan keputusan konsumen untuk menjadi nasabah atau anggota BMT SAHARA Tulungagung dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor sosial yang terdiri dari keluarga, kelompok acuan, peran dan setatus, serta tingkat pendidikan konsumen. Rumusan masalah dalam skrisi ini adalah (1) Apakah faktor sosial mempengaruhi keputusan konsumen untuk menjadi nasabah BMT SAHARA Tulungagung? (2) Apakah tingkat pendidikan mempengaruhi keputusan untuk menjadi nasabah BMT SAHARA Tulungagung? (3) 3. Apakah faktor sosial dan tingkat pendidikan secara bersama-sama mempengaruhi keputusan menjadi nasabah BMT SAHARA Tulungagung?.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor sosial dan tingkat pendidikan terhadap keputusan utuk menjadi nasabah BMT SAHARA Tulungagung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil angket yang telah diisi oleh nasabah BMT SAHARA Tulungagung yang menjadi sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas data, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel faktor sosial konsumen mempengaruhi keputusan menjadi nasabah BMT SAHARA Tulungagung drngan tingkat signifikansi sebesar 0,009 dengan tingkat kepercayaan 95%, sedangkan variabel tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah BMT SAHARA Tulungagung dengan tingkat sig. 0,679. 3. Dan dari hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor sosial X1 dan tingkat pendidikan X2 mempunyai pengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk menjadi nasabah BMT SAHARA Tulungagung. Dari hasil uji F, nilai Fhitung sebesar 3,749 dengan tingkat signifikansi 0,029. Sehingga ada hubungan yang linear antara faktor sosial dan tingkat pendidikan dengan keputusan konsumen. Kata Kunci : Faktor sosial, Tingkat Pendidikan, Keputusan Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 23 Oct 2014 02:51
Last Modified: 23 Oct 2014 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item