PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU TERPUJI SISWA DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

MUHLISIN, 1721143292 (2018) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU TERPUJI SISWA DI MAN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhlisin, NIM. 1721143292, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Terpuji Siswa di MAN 3 Tulungagung”, Skripsi, dosen pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci: Peranan, Guru PAI, Perilaku Terpuji Tujuan penelitian adalah Pertama untuk mengetahui peranan Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku terpuji siswa di MAN 3 Tulungagung, Kedua untuk mengetahui peranan Guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku terpuji siswa di MAN 3 Tulungagung, Ketiga untuk mengetahui peranan Guru PAI sebagai evaluasi dalam meningkatkan perilaku terpuji siswa di MAN 3 Tulungagung. Pendekatan: penelitian kualitatif. Jenis penelitian: deskriptif. Lokasi penelitian MAN 3 Tulungagung Data: peranan guru pendidikan agama Islam dalam Meningkatkan perilaku terpuji sumber data guru pai, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dokumentasi, Analisis data: reduksi data, penyajian data, verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan: keterpercayaan, keteralihan, kebergantungan, kepastian. Tahap-tahap penelitian: tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanan, tahap analisis data, tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Peranan guru sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku terpuji siswa di MAN 3 Tulungagung yaitu dengan selalu membimbing dan membentuk karakter siswa untuk berperilaku terpuji sehari-hari melalui kebiasaan kedisiplinan, adanya progam 10 budaya malu dan 5S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), selain itu fasilitas keagamaan seperti musholla di gunakan untuk kegiatan beribadah seperti sholat berjamaaah, kultum, membaca alquran dll. Serta kegiatan ekstra kurikuler keagamaan seperti remas dan kajian Islam digunakan guru PAI untuk memaksimalkan tujuan dari guru untuk membentuk perilaku terpuji siswa. Kedua Peranan guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku terpuji siswa di MAN 3 Tulungagung sebagai berikut: berusaha memberikan contoh yang baik bagi siswa agar para siswa memberikan feedback yang baik pula dalam kehidupan sehari-hari, memberikan contoh pada saat mengajar yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu, membaca al-qur’an dan berdoa secara bersama-sama. Ketiga Peranan guru PAI sebagai evaluasi dalam meningkatkan perilaku terpuji siswa di MAN 3 Tulungagung yaitu dengan memberikan evaluasi secara menyeluruh, karena evaluasi tidak hanya membahas aspek kognitif saja, akan tetapi juga membahas evaluasi dalam aspek afektif dan psikomotorik yaitu tingkah laku. Dalam hal ini guru juga turut serta dalam memberikan evaluasi terhadap perilaku siswa, jika perilaku siswa mencerminkan perilaku menyimpang maka sudah sewajibnya guru untuk membina, dan mengarahkan siswa untuk berperilaku terpuji.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143292 MUHLISIN
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:24
Last Modified: 28 Sep 2018 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9242

Actions (login required)

View Item View Item