Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pokok Perkalian Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas II MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tahun Ajaran 2011/2012

Maslisaturohmah, Siti (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pokok Perkalian Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas II MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (634kB)
[img] Text
DEPAN COVER.doc

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (31kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan siswa tentang sistem pembelajaran dalam proses belajar mengajar Matematika, metode ceramah yang selama ini digunakan membuat siswa bosan dan selalu menganggap sulit pelajaran Matematika sehingga peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya metode baru akan lebih membuat siswa bergairah kembali dalam mengikuti proses belajar dikelas sehingga hasil belajarpun akan meningkat. Dalam hal ini peneliti ini mengetahui sejauh mana peningatan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas II MI Bendiljati Wetan Sumbergempol. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol?. (2) Apakah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok perkalian siswa kelas II MI Bendiljati Wetan Sumbergempol?. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas sebagai pengajar. Bagi MI Bendiljati Wetan sebagai sumbangan pemikiran dalam peningkatan mutu pembelajaran, baik dari para guru maupun lembaga pendidikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode tes, wawancara, pengamatan (observation) dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI BendilJati Wetan Sumbergempol. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT meliputi, (1) Penjelasan materi perkalian kepada siswa, (2) Membagi siswa ke dalam kelompok, (3) menghafal nomer-nomer yang dipegang dan nama kelompoknya, (4) Guru mengajukan pertanyaan, (5) Guru memanggil salah satu nomer, kemudian siswa yang memegang nomer tersebut menjawab pertanyaan dari guru, (6) Pemberian umpan balik kepada siswa, (7) Pemberian tes. Pada penelitian ini didapatkan data bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata yang diperoleh 60,30 dengan prosentase ketuntasan 35,29%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 87,5 dengan prosentase ketuntasan 88,23%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Bendiljati Wetan Sumbergempol. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk dapat belajar dan memahami tugas berat guru sekaligus mengetahui lebih jauh permasalahan pembelajaran di sekolah sehingga dapat mempersiapkan diri menjadi guru profesional. Bagi MI Bendiljati Wetan Sumbergempol dengan penerapan model pembelajaran ini agar dapat memunculkan motivasi siswa untuk mendalami materi matematika dan juga dapat diuji cobakan dalam mata pelajaran lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 07:21
Last Modified: 28 Jan 2015 07:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item