KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

LINA ROKHMATUN NAHRIN, 1721143208 (2018) KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pembelajaran di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Lina Rokhimatun Nahrin, pembimbing Drs.Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci : Kreativitas guru, Meningkatkan pembelajaran Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits adalah kemampuan untuk menemukan pemikiran tentang ide-ide baru dalam pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang Al-Qur’an Hadits. Oleh karena itu guru yang kratif harus mempunyai rasa tertarik untuk mencari tentang metode, media dan sumber belajar yang tepat dan menarik agar dapat digunakan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam mengembangkan metode pembelajaran di Mts Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru AlQur’an Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam menggunakan sumber belajar di Mts Al-Huda Bandung Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahh metodde wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam mengembangkan metode pembelajaran di MTs AlHuda Bandung Tulungagung dengan menggabungkan beberapa metode dalam satu kali pertemuan, yaitu metode ceramah dengan tanya jawab, metode ceramah dengan metode drill, metode diskusi dengan ceramah ataupun metode ceramah dengan hafalan. (2) Kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Dengan menggunakan media power point, video ataupun foto-foto yang berkaitan dengan materi yang di sampaikan. saat menjelaskan suatu ayat kreativitas guru juga ditunjukkan dengan cara menyiapkan potongan kertas yang bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an yang akan dipelajari agar siswa menyusunnya menjadi satu ayat yang utuh. (3) Kreativitas guru Al-Qur;An Hadits dalam menggunakan sumber belajar di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Dengan membandingkan satu buku dengan buku yang lainnya dan tidak hanya menggunakan satu sumber belajar saja tetapi beberapa sumber belajar. Saat belajar suatu tajwid ataupun saat mempelajari kandungan suatu ayat Al-Qur’an dan hadits, tidak hanya menggunakan buku LKS ataupun buku paket saja juga menggunkan buku-buku lainnya yang berkaitan dengan apa yang dipelajarai saat itu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143208 LINA ROKHMATUN NAHRIN
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:08
Last Modified: 07 Sep 2018 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9233

Actions (login required)

View Item View Item