PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH SISWA SMALB-B DI SEKOLAH LUAR BIASA-B (SLB-B) NGUDI HAYU SRENGAT BLITAR

ANGGA ARISTYAWAN, 1721143055 (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH SISWA SMALB-B DI SEKOLAH LUAR BIASA-B (SLB-B) NGUDI HAYU SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK Aristyawan, Angga (2018). Pengaruh Penerapan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Materi Pengenalan Huruf Hijaiyah Siswa SMALB B di SLB B Ngudi Hayu Srengat Blitar. Dosen Pembimbing : Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kunci: Media Pembelajaran, Flash Card, Huruf Hijaiyah, Siswa Tunarungu. Berdasarkan observasi dan wawancara lapangan di SLB B Ngudi Hayu Srengat Blitar pada jenjang SMA, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran materi pengenalan huruf hijaiyah sangat membutuhkan media sebagai perantara penyampaiannya. Hal ini disebabkan cara mengajar guru sebelumnya hanya menggunakan metode konvensional, padahal respondennya sudah jelas merupakan siswa berkebutuhan khusus (tunarungu). Latar belakang tersebut yang membuat peneliti tergerak untuk mencoba mengaplikasikan sebuah media yang merupakan adopsi dari media pada materi lain, yaitu media Flash Card. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan media Flash Card terhadap hasil belajar materi pengenalan huruf hijaiyah siswa SLB B Ngudi Hayu Srengat Blitar, dan (2) Seberapa besar pegaruh penerapan media Flash Card terhadap hasil belajar materi pengenalan huruf hijaiyah siswa SLB B Ngudi Hayu Srengat Blitar. Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh pada hasil belajar setelah diaplikasikannya media Flash Card terhadap siswa SMALB B pada materi pengenalan huruf hijaiyah, dan (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh yang terjadi pada hasil belajar setelah diaplikasikannya media Flash Cardterhadap siswa SMALB B pada materi pengenalan huruf hijaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test Design. Instrument yang digunakan adalah tes. Tes digunakan untuk pengambilan nilai pretest dan nilai posttest sebagai hasil belajar yang akan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pegaplikasian media Flash Card selama proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengenalan huruf hijaiyah. Pada analisis hipotesis penelitian ini didapatkan bahwa hasil uji t-satu pihak yaitu uji t pihak kanan pada subjek kelas mendapat nilai ratarata Pre-Test 67,77 Sedangkan nilai rata-rata Post-Test 85,55. Dari hasil analisis, diperoleh bahwa t-hitung sebesar 8,000 dan t-tabel sebesar 1,85955. Dari uji t tersebut, diketahui bahwa t hitung > t tabel, maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar (Post-Test) lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya (Pre-Test). Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dengan penerapan pembelajaran dengan media Flash Card lebih baik dari pada hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Hal ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru di SLB B Ngudi Hayu Srengat Blitar untuk mengaplikasikan media serup maupun media yang lain yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143055 ANGGA ARISTYAWAN
Date Deposited: 04 Sep 2018 07:44
Last Modified: 04 Sep 2018 07:44
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9211

Actions (login required)

View Item View Item