The Effectiveness Of Using Silent Way Method on Vocabulary Achievement of the Seventh Grade Students of MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung

Siti Naimatus, Shoiruroh, (2012) The Effectiveness Of Using Silent Way Method on Vocabulary Achievement of the Seventh Grade Students of MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
CHAPTER I.docx

Download (28kB)
[img] Text
CHAPTER II.docx

Download (55kB)
[img] Text
CHAPTER III.docx

Download (29kB)
[img] Text
CHAPTER IV.docx

Download (42kB)
[img] Text
CHAPTER V.docx

Download (18kB)
[img] Text
FINAL PART.docx

Download (15kB)
[img] Text
INITIAL PART.docx

Download (207kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Keefektifan, Metode Silent Way, Kosa Kata. Di Indonesia, Bahasa Inggris sudah diajarkan sejak SMP sampai universitas dan telah dipelajari dari Sekolah Dasar dan TK hingga sekarang. Dalam belajar bahasa Inggris, siswa harus menguasai keterampilan bahasa, diantaranya yaitu mendengarkan, berbicara, menulis, dan membaca. Namun, untuk penguasaan bahasa, siswa harus mengetahui dan memahami komponen bahasa. Salah satunya adalah kosa kata. Kosakata harus dikuasai oleh siswa ketika mereka ingin menjadi sukses dalam belajar bahasa Inggris. Ada banyak metode dalam mengajar kosakata Bahasa Inggris. Salahmsatu diantaranya adalah Metode Silent Way. Para siswa merasa senang dan menikmati dalam belajar mereka diajarkan dengan menggunakan metode yang menyenangkan. Sebagaimana prinsip metode Silent way, siswa menjadi mandiri, otonom, dan bertanggung jawab dalam bahasa. Jadi, dengan menguasai kosa kata, diharapkan bahwa siswa menguasai empat keterampilan bahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis), karena tanpa menguasai kosa kata, siswa akan kesulitan dalam mengembangkan empat keterampilan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) "Bagaimana prestasi kosakata siswa sebelum diajarkan menggunakan metode Silent Way?". 2) "Bagaimana prestasi kosakata siswa setelah diajar dengan menggunakan metode Silent Way?". 3) "Apakah ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi kosakata siswa sebelum dan setelah diajarkan menggunakan metode Silent Way?". Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui prestasi kosakata siswa sebelum diajarkan menggunakan metode Silent Way. 2) mengetahui prestasi kosakata siswa setelah diajar dengan menggunakan metode Silent Way. 3) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam prestasi kosakata siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan metode Silent Way. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini desain experimental menggunakan satu group Pretest-Posttest. Populasi adalah semua siswa dari kelas tujuh A di MTs Assyafi'iyah Gondang Tulungagung terdiri dari 31 siswa. Karena jumlah siswa tidak besar, peneliti mengambil semua kelas tujuh A sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kosa kata (pre-test dan post-test). AnalisishdatanpenelitianbinimmenggunakanbT-test. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah skor kosakata sebelum diajarkan dengan menggunakan metode Silent Way adalah buruk karena rata-rata dari skor total 31 siswa adalah (69,35). Setelah mendapatkan perlakuan/treatment, skor rata-rata kosakata adalah (90,97). Skor siswa meningkat, dengan analisis t-tes yang digunakan oleh peneliti, hasil t-hitung adalah (10,8). Dengan membandingkan "t" yang didapat dalam hitungan t-hitung = (10,8) dan nilai "t" pada t-tabel t0.05 = (2,042). Telah diketahui bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabelq(thitungq>qttabel)q=q(10,8>2,042). Berdasarkan hasil di atas, hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan pada prestasi kosakata siswa dengan menggunakan metode Silent Way diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dari prestasi kosakata siswa dengan menggunakan metodeqSilentzWayzditolak. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa metode Silent Way adalah metode yang efektif untuk mengajarkan kosakata bahasa inggris untuk siswa SMP, khususnya bagi siswa kelas tujuh MTs Assyafi'iyah Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 07:15
Last Modified: 28 Jan 2015 07:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item