PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTsN KARANGREJO

DEFI SA’ADAH, 1724143065 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTsN KARANGREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (812kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTsN Karangrejo pada Materi Perbandingan” ini ditulis oleh Defi Sa’adah, NIM. 1724143065, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: kontekstual, kemampuan representasi matematis, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII di MTsN Karangrejo. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN Karangrejo. 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa kelas VII di MTsN Karangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Karangrejo yang berjumlah 340 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII H sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII I sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) wawancara; 2) Observasi; 3) Tes; 4) Dokumentasi. Instrumen penelitian tes berupa post-test untuk mengukur kemampuan representasi matematis dan hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis, dibuktikan dangan rata-rata hasil kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 61,11 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 48,52 dan hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 20,877 dengan signifikansi 0,000. 2) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dangan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 91,19 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 77,91 dan hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 7,837 dengan signifikansi 0,007. 3) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa dibuktikan dangan hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 11,185 dengan signifikansi 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143065 DEFI SA’ADAH
Date Deposited: 10 Sep 2018 06:07
Last Modified: 10 Sep 2018 06:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9194

Actions (login required)

View Item View Item