EFEKTIVITAS TEKNIK SCAFFOLDING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MOCHAMAD ANAS URBANINGRUM, 1724143157 (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK SCAFFOLDING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (280kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Teknik Scaffolding Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Mochamad Anas Urbaningrum, NIM 1724143157, pembimbing Dra. Umy Zahroh, M. Kes, Ph.D. Kata Kunci : Scaffolding, Visual, Auditori, Kinestetik, Representasi Matematis. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kemampuan representasi matematis. Namun dalam suatu kelas terdapat banyak siswa-siwi dengan gaya belajar yang berbeda pula. Sehingga guru kesulitan dalam menyampaikan pembelajaran agar semua siswa mampu menerima materi yang disampaikan dan memiliki kemampuan representasi matematis yang baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru penting memilih teknik yang tepat dalam pembelajaran matematika. Salah satu teknik pembelajaran yang cocok yaitu Teknik pembelajaran Scaffolding. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas teknik scaffolding ditinjau dari gaya belajar auditori, visual, kinestetik terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik scaffolding ditinjau dari gaya belajar auditori, visual, kinestetik terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Peneliti mengambil subyek penelitian berdasarkan gaya belajar. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, tes, wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilihat dari ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu, teknik scaffolding efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung berdasarkan gaya belajar, terbukti bahwa setelah diberikan teknik scaffolding mamu untuk memenuhi semua indikator yang telah ditentukan, diantaranya yaitu Representasi visual, Bukti Kemampuan Representasi Matematis 1 (KRM1), Persamaan atau ekspresi matematik, yaitu penyelesaian masalah dengan melibatkan ekspresi matematik. Bukti Kemampuan Representasi Matematis 2 (KRM2), Kata-kata atau teks tertulis, yaitu menuliskan cara-cara atau teks tertulis. Bukti Kemampuan Representasi Matematis 3 (KRM3)

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143157 MOCHAMAD ANAS URBANINGRUM
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:15
Last Modified: 29 Aug 2018 06:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item View Item