Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Fungsi Kelas X Di MAN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2017-2018

MUHAMMAD JIHADUDDIN, 1724143173 (2018) Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Fungsi Kelas X Di MAN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2017-2018. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (563kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (866kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (866kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Fungsi Kelas X Di MAN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2017-2018” ini ditulis oleh Muhammad Jihaduddin NIM. 1724143173, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir kreatif, Masalah Matematika. Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah kurangnya kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Kurangnya kreativitas ini mengakibatkan siswa tidak bisa optimal dalam menemukan ide untuk memecahkan masalah pada soal. Peneliti menemukan, sebagian siswa mampu menyelesaikan masalah pada saat mengerjakan soal matematika. Hal ini menujukkan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa berhubungan dengan permasalahan matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika; 2) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika sedang; dan 3) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika. Sehingga diperoleh gambaran secara singkat bagaimana berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara untuk menggali data. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kondisi pembelajaran, terutama di kelas yang akan menjadi tempat penelitian sebagai cara menentukan subyek penelitian. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan. Dalam penelitian ini, dipilih 6 siswa sebagai subyek penelitian. 2 siswa mewakili siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa mewakili siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa mewakili siswa berkemampuan rendah. Adapun pemilihan subyek penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan juga pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa-siswa tersebut. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: 1) Siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan materi fungsi mampu memahami soal (bisa menuliskan yang diketahui dan ditanya), mampu menyelesaikan soal dengan lebih dari satu cara, dan mampu memeriksa kembali jawaban dengan metode lain yang berbeda; 2) Siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan materi fungsi mampu memahami soal (bisa menuliskan yang diketahui dan ditanya), hanya mampu menggunakan satu cara dalam penyelesaian, dan tidak mampu memeriksa kembali jawaban dengan cara lain; dan 3) Siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan materi fungsi kurang mampu memahami soal (belum lengkap menuliskan diketahui dan ditanya), hanya mampu menggunakan satu cara dalam penyelesaian, dan tidak mampu memeriksa kembali jawaban dengan cara lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd. 1724143173 MUHAMMAD JIHADUDDIN
Date Deposited: 03 Sep 2018 06:21
Last Modified: 03 Sep 2018 06:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9151

Actions (login required)

View Item View Item