PENERAPAN STRATEGI PERSONAL SELLING DAN PUBLIC RELATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT SAHARA TULUNGAGUNG

MOCHAMAD YUSAK GUMELAR, 3223113064 (2018) PENERAPAN STRATEGI PERSONAL SELLING DAN PUBLIC RELATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT SAHARA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Personal Selling dan Public Relation dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah di BMT Sahara Tulungagung” ini ditulis oleh Mochamad Yusak Gumelar, 3223113064, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam,Jurusan Perbankan Syariah,Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh bapak Qomarul Huda.M.Ag Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangioleh perkembangan perbankan yang sangat pesat di kabupaten Tulungagung menjadikan semua lembaga keuangan bersaing dengan ketat. Begitu juga dengan BMT Sahara tulungagung, untuk rnemenangkan sebuah persaingan maka di butuhkan strategi. Karena strategi adalah kunci terpenting yang menentukan berjalan tidaknya sebuah lembaga keuangan atau lembaga perusahaan, stfategi personal selling dan public relationyang digunakan untuk meningkatkan jumlah nasabah pada BMT Sahara Tulungagungsebenamya memiliki cakupan kegiatan yang luas. Dalam kegiatan personal selling meliputi beberapa tahap yang di mulai dengan prospek atau identifikasi kemudian pra pendekatan, pendekatan, presentasi, mengatasi masalah, hingga menutup penjualan. Sedangkan public relation melingkupi kegiatan dari publisitas, event, news, community involvement, dan lain lain. Dalam penelitian ini Fokus Penelitian yang akan dibahas adalah sebagai berikut. (1) Bagaimana penerapan strategi personal selling untuk meningkatkan jumlah nasabah BMT Sahara Tulungagung. (2) Bagaimana penerapan strategi public relation untuk meningkatkan jumlah nasabah BMT Sahara Tulungagung. (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat BMT Sahara dalam menerapkan strategi personal selling sebagai upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT Sahara Tulungagung. (4) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat BMT Sahara dalam menerapkan strategi public relation sebagai upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT Sahara Tulungagung. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (l) Untuk mengetahui Strategi Personal selling dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT Sahara Tulungagung. (2) UntukmengetahuiStrategi Public Relationdalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT Sahara Tulungagung. (3)Untukmengetahuifaktor-faktor penghambat dan pendukung BMT Sahara Tulungagung dalam menerapkan strategi personal selling dandalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT Sahara Tulungagung. (4) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung BMT Sahara Tulungagung dalam menerapkan strategi public relationdalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT Sahara Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan di BMT Sahara Tulungagung pada tahun 2016.Adapun sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Sumber Data Primer berupa wawancara,pengamatan dan penjabaran dalam bentuk angka maupun tulisan sedangkan Sumber Data Sekunder. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini Metode Observasi, Metode Wawancara (Interview), Metode Dokumentasi.Teknis Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Strategi Personal selling dan public relation dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT Sahara Tulungagungmelalui kegiatan prospek atau identifikasi, pra pendekatan, pendekatan, presentasi, mengatasi keberatan hingga menutup penjualan. Sedangkan kegiatan public relation yang di terapkan BMT Sahara Tulungagung yaitu, pnblikasi, event, news, community involvement. Strategi ini sangatlah penting bagi kelangsungan kinerja BMT Sahara Tulungagung dalam mencari nasabah karena untuk memprioritaskan hubungan kepada nasabah perlu ikatan personal, keterampilan para personil yang ada dalam perusahaan, kekompakan atau suatu tim yang tangguh dari personil yang ada dalam perusahaan hingga menseponsori suatu acara dan mengadakan event. Dalam. Faktor pendukung strategi personal selling dan public relation yang ada di BMT Sahara Tulungagung meliputi: mengetahui secara langsung apa yang di inginkan anggota serta menerima keluhan yang secara langsung bisa di atasi dengan musywarah hingga pelayanan prima terhadap nasabah, lokasi yang mudah dijangkau, peningkatan SDM dan mempunyai daya saing terhadap lembaga lain. Sementara itu saran dalam penelitian ini disampaikan kepada BMT Shara Tulungagung dan untuk peneliti selanjutnya yang dimaksudkan akan berguna dalam rangka peningkatan isi dari skripsi ini. Kata Kunci: Strategi Personal selling dan public relation.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 3223113064 MOCHAMAD YUSAK GUMELAR
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:17
Last Modified: 12 Oct 2018 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9127

Actions (login required)

View Item View Item